1/13/2017

3 Penyebab Klik Iklan Adsense Tidak Dihitung Beserta Cara Mengatasinya

Ibu Sartika
Pernahkah anda memeriksa laporan di dashboard akun AdSense dan mendapatkan informasi bahwa ada klik terhadap iklan Adsense namun tidak dihitung sama sekali alias tidak mendatangkan penghasilan ?

Jika anda mengalami kejadian seperti itu, maka anda berada di tempat yang tepat, sebab artikel ini akan menjelaskan kenapa hal tersebut bisa terjadi.
bayaran google adsense per klik
Klik iklan yang tidak di hitung bisa menjadi salah satu faktor utama penghasilan AdSense anda terus menurun secara terus-menerus.

Berikut ini adalah beberapa hal umum yang bisa menjadi penyebab klik iklan Adsense tidak di hitung :

1. Kode Iklan AdSense di Pasang di Website Yang Tidak Diotorisasi

Sebelum anda bertanya kepada orang lain, akan lebih baik anda memeriksa terlebih dahulu situs mana saja yang berhak menayangkan iklan AdSense dengan identitas pengiklan milik anda.

Hindari berburuk sangka sebelum melakukan pemeriksaan internal yang detail terhadap akun AdSense anda. Periksalah dengan teliti website mana saja yang benar-benar milik anda dan memiliki hak untuk menayangkan iklan.
3 Penyebab Klik Iklan Adsense Tidak Dihitung
Pastikan juga bahwa klik terhadap iklan AdSense terjadi di website yang sudah anda klaim sekaligus anda izinkan untuk menampilkan iklan.

Jika anda sudah melakukan hal tersebut, maka semestinya anda sudah mengetahui sekaligus menentukan tindakan apa saja yang harus dilakukan.

Jika ternyata klik tersebut terjadi di website milik anda yang belum di otorisasi, maka segeralah berikan otorisasi terhadap situs tersebut. Namun sebelum memberikan otorisasi, pastikan bahwa website tersebut benar-benar milik anda serta sudah memenuhi kebijakan program AdSense.

Jika klik yang tidak mendatangkan keuntungan tersebut didatangkan dari website lain yang bukan milik anda, maka biarkanlah dan jangan pernah mengklaim kepemilikian serta jangan pernah memberikan otorisasi terhadap website tersebut untuk menampilkan iklan Adsense dengan menggunakan kode penayang milik anda.

Kemudian segera hubungi pemilik website yang bersangkutan untuk melepas iklan AdSense, lakukan tindakan ini secara baik-baik untuk mencegah kesalahpahaman di antara kedua belah pihak.

2. Invalid Clicks Atau Klik Tidak Sah

Penyebab kedua yang menyebabkan iklan AdSense tidak dihitung dan tidak menambah pundi-pundi saldo akun AdSense adalah invalid clicks  atau klik tidak sah.

Sebagai penayang AdSense, anda harus sadar bahwa Google memiliki sebuah sistem untuk melakukan monitoring yang secara terus-menerus akan melakukan pemantauan terhadap iklan AdSense, termasuk menentukan apakah klik yang dilakukan terhadap iklan tersebut merupakan klik yang valid (sah/wajar) atau tidak sah/tidak wajar (invalid clicks).
bayaran google adsense per klik
Selain melakukan pemantauan terhadap semua klik, sistem yang dimiliki Google tersebut juga akan melakukan pemantauan terhadap impresi iklan AdSense.

Sistem cerdas tersebut digunakan oleh Google untuk menciptakan ekosistem yang tetap sehat dan kondusif di antara pengiklan (advertiser) dan penerbit iklan (publisher) AdSense.

Setiap klik yang terjadi kemudian akan di review, hasil review tersebut selanjutnya akan digunakan untuk menentukan keabsahan dan ketidak-absahan klik yang terjadi, dan laporannya bisa di lihat di halaman overview di setiap dashboard penayang iklan AdSense.

Pemberitahuan tersebut dimaksudkan untuk memberitahu penayang iklan Adsense untuk melakukan berbagai tindakan preventif (pencegahan) agar akun Adsense mereka tetap aman dan tentunya tetap bisa mendatangkan penghasilan atau pendapatan.

Setiap klik tidak valid yang terjadi akan menyebabkan klik tersebut tidak dihargai, sehingga akan berpengaruh terhadap penghasilan. Jadi pastikan bahwa anda rutin memeriksa dashboard akun AdSense dan trafik website untuk meminimalisir terjadinya hal tersebut.

3. Meletakkan Iklan di Area Yang Terlalu Berhimpitan

Poin ke-3 ini sangat berhubungan erat dengan poin kedua.

Sebagai penayang iklan AdSense, anda juga harus mengetahui tempat/posisi atau lokasi yang layak untuk menempatkan kode iklan AdSense.
penghasilan tertaksir 0
Pastikan terdapat ruang yang cukup bagi iklan AdSense untuk "bernafas" dan beradaptasi dengan konten. Dan sebagai penayang iklan AdSense, anda harus bisa memastikan untuk menempatkan iklan di area yang benar-benar aman supaya bisa menghindari terjadinya invalid click.

Menempatkan iklan di area yang sempit dan tidak memiliki ruang sama sekali merupakan sebuah tindakan yang harus dihindari oleh anda sebagai penayang iklan Adsense, sebab hal tersebut tidak hanya memperbesar terjadinya invalid click, tetapi juga akan membuat akun AdSense berada dalam resiko buruk yang paling ditakuti oleh setiap penayang iklan.

Jika anda memiliki pengetahuan dalam pemrogramman HTML, CSS atau Javascript, anda bisa dengan mudah memberikan ruang bagi iklan AdSense, sehingga ruang/area di sekitar iklan tersebut tidak menjadi faktor paling dominan dalam menyebabkan terjadinya invalid clicks.

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini. Semoga informasi yang kami paparkan dalam artikel ini bisa memberikan tambahan manfaat, wawasan dan pengetahuan anda tentang Google AdSense. Akhir kata kami ucapkan banyak terima kasih atas kunjungan anda, sampai jumpa di kesempatan yang akan datang dengan artikel bermanfaat lainnya.