1/15/2017

4 Faktor Penyebab Penghasilan Adsense Terus Menurun

Ibu Sartika
Dalam kesempatan kali ini kami akan membahas sekaligus berbagi pengalaman mengenai 4 penyebab utama menurunnya pendapatan Adsense serta akan menjelaskan secara rinci mengenai beberapa cara untuk mengatasi hal tersebut.

Google sudah menyediakan beberapa tool dan laporan yang akan membantu setiap penayang iklan Adsense untuk mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan penurunan pendapatan iklan sekaligus mencari solusi untuk membantu anda memaksimalkan penghasilan dari iklan Google Adsense.

Hal pertama yang harus dipertimbangkan oleh anda sebagai penayang iklan adsense adalah : memastikan apakah keseluruhan page views mengalami penurunan atau ada isu lain yang menyebabkan penurunan pendapatan iklan Adsense?.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang mempengaruhi pendapatan Adsense, tetapi salah satu penyebab utamanya bisa saja berada dalam salah satu poin di bawah ini:
  1. Clickthrough Rate (CTR)
  2. Cost per Click (CPC)
  3. Page revenue per thousand impressions (page RPM), dan
  4. Pageview
4 Faktor Penyebab Penghasilan Adsense Terus Menurun
Anda bisa melihat beberapa metrik pengukuran melalui Laporan Performa (Performance Reports) di akun Adsense anda yang bisa dijadikan sebagai indikasi menurunnya pendapatan Adsense.

Berikut ini beberapa tips untuk mengetahui penyebab penurunan pendapatan tersebut :

1. Pageview Website Anda Menurun

Ketika masalah menurunnya pendapatan disebabkan oleh penurunan pageview, maka tindakan yang paling tepat adalah memperpanjang durasi laporan anda melebihi 30 hari, sehingga anda bisa mengidentifikasi trend atau isu penyebab perubahan pendapatan di beberapa periode.
4 Faktor Penyebab Penghasilan Adsense Terus Menurun
Menurunnya page view secara sederhana bisa diartikan sebagai permasalahan yang bersifat dadakan. Sebagai contoh, seorang retailer, untuk mempermudah promosi akan melakukan kampanye yang lebih singkat di musim liburan.

Tetapi penurunan pageview juga sangat mungkin disebabkan oleh perubahan dalam konten yang ada di website anda.

Jika trafik website anda menurun, di bawah ini adalah beberapa tips atau cara untuk membantu anda menjaga dan meningkatkan trafik kunjungan ke website anda :
  • Promosikan website anda kepada calon pengunjung yang memiliki ketertarikan terhadap niche website anda.
  • Promosikan website anda melalui sosial media, kemudian buatlah sebuah grup yang berisi orang-orang yang memiliki ketertarikan terhadap tema konten website anda dengan harapan mereka akan mengunjungi website anda secara rutin dan teratur.
  • Gunakan Google Search Console untuk memastikan bahwa website anda dirayapi dan di indeks.
  • Perbarui konten website anda secara teratur supaya pengunjung anda berkunjung kembali di kesempatan berikutnya. Anda juga bisa mempertimbangkan untuk mengirimkan sebuah/beberapa email kepada pengunjung website anda tentang perubahan atau artikel baru yang anda publikasikan

2. CPC Iklan Adsense di Website Anda Menurun

CPC (Cost per Click) sangat dipengaruhi oleh pergerakan lelang iklan dan sangat ditentukan oleh penawaran iklan yang terjadi di antara para pengiklan berdasarkan kata kunci.

Selain itu juga nilai CPC sangat ditentukan oleh kemampuan para pengiklan untuk membayar terhadap kata kunci yang mereka bidik.

Sebagai contoh, CPC juga sangat mungkin jatuh terjerembab di setiap awal kuartal ke-4 ketika para pengiklan merubah budget untuk beriklan.
4 Faktor Penyebab Penghasilan Adsense Terus Menurun
Ketika anda melihat ada perubahan dalam CPC, alangkah baiknya melakukan tindakan yang baik dengan cara memperpanjang periode laporan di dashboard Adsense anda minimal 1 tahun di tahun yang sedang berjalan. Kemudian lihat panduan kami di bawah ini:
  • Lihat dan pastikan apakah anda sudah mengaplikasikan unit iklan dengan ukuran yang memiliki performa bagus. Secara umum, kebanyakan unit iklan yang memiliki potensi tinggi dalam memaksimalkan CPC dan penghasilan terdiri dari unit iklan dengan ukuran 720x90, 336x280 dan 160x600 serta 320x100 mobile banner. Untuk mengetahui unit iklan yang memiliki performa tinggi serta berpengaruh besar terhadap penghasilan, silahkan simak jenis dan ukuran unit iklan yang memiliki potensi tinggi.
  • Pastikan bahwa anda tidak melakukan pemblokiran terhadap unit iklan yang tidak anda butuhkan. Memblokir terlalu banyak pengiklan, jaringan iklan, atau iklan dengan kategori terlalu umum/sensitif seringkali menyebabkan CPC menurun dikarenakan hanya sedikit sekali pengiklan yang melakukan penawaran terhadap inventori/slot iklan yang ada di website anda. Semakin banyak inventory/slot iklan di website anda bisa di akses oleh para pengiklan, maka akan semakin besar pula kesempatan lelang penawaran yang akan meningkatkan CPC.
  • Perhatikan bahwa faktor musiman bisa sangat berpengaruh terhadap penawaran para pengiklan. Sebagai contoh, pengiklan pakaian renang akan lebih sering meningkatkan penawaran mereka beberapa minggu lebih awal sebelum musim panas menjelang. Tetapi jika situs anda hanya ditujukan untuk kalangan pelajar, anda harus bisa memperkirakan bahwa trafik ke website anda akan jatuh ketika musim panas dimulai. Untuk mengetahui bagaimana cara memanfaatkan peluang tersebut, silahkan simak mengenai bagaimana iklan disajikan di website anda agar anda lebih memahami bagaimana perubahan yang bersifat musiman tersebut akan mempengaruhi penghasilan anda.

3. Ranking atau Peringkat Pencarian Website Anda Menurun

Investigasi tingkat lanjut yang anda lakukan akan menunjukkan kenapa website anda tidak memiliki ranking atau peringkat di halaman hasil pencarian. Cobalah temukan penyebabnya dengan membaca pemecahan masalah Google webmaster yang sengaja di desain untuk membantu anda mencari solusi terhadap permasalahan yang dihadapi di website anda, baik itu permasalahan di Google Search maupun di Google Search Console.

4. CTR atau RPM Website Anda Menurun Tajam

Menurunnya CTR atau RPM halaman website anda disebabkan oleh desain situs yang membingungkan atau memiliki penargetan yang rendah.

Pengunjung yang datang ke website anda tidak akan melihat sekaligus tidak akan meng-klik iklan jika iklan tersebut tidak relevan (tidak berhubungan) dengan konten yang sedang mereka baca.

Atau bisa juga disebabkan karena anda tidak mengetahui cara apapun agar iklan tersebut bisa dilihat oleh pengunjung yang membaca konten di website anda.
4 Faktor Penyebab Penghasilan Adsense Terus Menurun
Berikut ini beberapa tips mudah yang bisa anda aplikasikan untuk membantu anda meningkatkan CTR dan RPM halaman :
  • Menyatu, Melengkapi dan Kontras : Gunakan teknik ini ketika anda mendesain unit iklan jika anda ingin website anda sukses mendapatkan pendapatan dari Adsense.
  • Maksimalkan halaman dengan beberapa unit iklan yang berbeda : yakinkan bahwa di setiap halaman di isi dengan 3 unit iklan, itu adalah syarat atau aturan kebijakan Adsense.
  • Gunakan ukuran iklan yang memiliki performa terbaik : Seperti disebutkan di poin ke-2 tentang CPC, ukuran iklan terbaik adalah 720x90, 336x280, 160x600 dan 320x100 mobile banner.
Itulah penjelasan dari kami mengenai 4 faktor utama yang paling sering menjadi penyebab menurunnya pendapatan Adsense.

Kami berharap anda bisa memahami apa yang kami utarakan dalam artikel kali ini dengan baik sehingga anda tidak kehilangan potensi untuk memaksimalkan pendapatan anda dari Google Adsense.

Akhir kata kami ucapkan banyak terima kasih atas atensi anda, sampai jumpa di kesempatan berikutnya dengan sajian artikel bermanfaat lainnya.