1/23/2017

4 Mitos Yang Wajib Diketahui Sebelum Melakukan Pemblokiran Iklan AdSense

Ibu Sartika
Anggaplah website anda sebagai sebuah kerajaan. Anda memiliki kontrol penuh mengenai apa saja yang akan disajikan di website tersebut.

Begitu juga dengan AdSense yang sama-sama memberikan kontrol sangat kuat yang akan mengizinkan anda untuk menampilkan atau memblokir berbagai iklan di website anda.

Pemblokiran iklan seharusnya tidak diartikan sebagai sebuah tindakan untuk mengoptimalkan akun AdSense, tetapi sebagai salah satu cara untuk memuaskan diri anda anda terhadap iklan yang akan ditampilkan di website maupun blog.

Dalam artikel kali ini kami akan membahas mengenai 4 mitos yang seringkali dikaitkan dengan pemblokiran iklan yang identik dibicarakan di kalangan para penayang iklan AdSense.
4 Mitos Yang Wajib Diketahui Sebelum Melakukan Pemblokiran Iklan AdSense

Mitos Pertama : Tidak Masalah Berapa Banyak Iklan Yang Anda Blokir, Iklan Tetap Akan Dihilangkan Dari Website

Pemblokiran iklan harus digunakan secara penuh pertimbangan.

Menampilkan semua iklan akan membuat atmosfir persaingan lelang iklan menjadi lebih kompetitif. Selain itu dengan banyaknya inventori iklan akan memungkinkan terjadinya persaingan impresi di website anda.

Itu artinya pemblokiran terhadap iklan AdSense harus memiliki beberapa alasan kuat, misalnya :
  • Anda merasa sensitif dengan konten atau kategori iklan tertentu, kemudian anda mengambil keputusan untuk tidak menampilkan iklan seperti itu di website anda.
  • Anda ingin memblokir iklan dari perusahaan tertentu dikarenakan anda memiliki kerjasama langsung dengan mereka.
  • Anda ingin memblokir iklan dari pesaing bisnis.

Mitos Kedua : Jika Anda Memblokir Iklan AdSense Dengan Bayaran Rendah, Maka Anda Akan Mendapatkan Lebih Banyak Uang

Meskipun ada iklan tertentu yang hanya memberikan kontribusi kecil terhadap pendapatan AdSense, namun memblokir iklan seperti itu justru bisa menyebabkan iklan dengan bayaran lebih rendah justru lebih sering ditampilkan di website anda.

Ingat bahwa Google selalu berusaha menampilkan iklan dengan nilai ekonomis lebih besar, jadi jika sebuah iklan tampil di website anda,...itu artinya iklan tersebut merupakan iklan yang memiliki performa tinggi dan akan lebih sering ditampilkan.

Mitos Ketiga : Anda Memblokir Beberapa Iklan Selama Beberapa Hari dan Pendapatan Anda Meningkat. Tapi Itu Bukan Berarti Pemblokiran Tersebut Mempengaruhi Pendapatan Untuk Jangka Panjang

Pendapatan akun Google AdSense anda akan berfluktuasi secara terus-menerus.

Pendapatan anda ditentukan oleh beberapa variabel, misalnya perubahan trafik website anda akan menyebabkan perubahan penawaran dari para pengiklan.

Jadi : Berhati-hatilah sebelum berasumsi bahwa pemblokiran iklan memiliki pengaruh besar terhadap pendapatan.

Seperti yang disebutkan oleh Google dalam artikel pusat bantuan, dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa mereka (Google) menargetkan iklan berdasarkan konten beserta pengunjung website anda.

Iklan yang anda lihat di website anda tentunya tidak akan sama dengan yang dilihat oleh pengunjung website anda, sebab anda dan pengunjung website anda memiliki perbedaan minat dan lokasi.

Selain itu, iklan bisa saja sangat tidak berhubungan dengan topik yang anda sajikan di dalam website, hal ini berhubungan dengan posisi anda sebagai penayang iklan Adsense yang secara aktual merupakan satu-satunya 'pengunjung yang paling bernilai' di sesi browsing saat itu.

Mitos Keempat : Jika Anda Melakukan Cukup Banyak Pemblokiran, Anda Masih Bisa Memilih Iklan Apa Saja Yang Ingin Ditampilkan

Hal Varian, seorang Chief Economist di Google, menjelaskan bahwa iklan AdSense yang menang dalam lelang kemudian tampil di website anda adalah satu-satunya kandidat yang diharapkan bisa memberikan penghasilan kepada anda sekaligus pendapatan untuk pengiklan, namun dengan tetap mengedepankan pengalaman yang baik kepada penikmat/pengunjung/pembaca konten website anda.

Iklan yang sama tidak akan selalu tampil di website anda dikarenakan beberapa alasan yang berbeda, misalnya terjadi perubahan alokasi biaya di kalangan pengiklan atau bisa juga disebabkan oleh penargetan lokasi, minat serta kebiasaan pengunjung yang berubah.

Mitos Ke-5 : Tab Allow dan Blok Iklan Hanya Terdapat di Dashboard AdSense

Sebagai tambahan untuk melakukan pemblokiran terhadap satu atau beberapa unit iklan AdSense, anda bisa menginstall ekstensi Google Publisher Toolbar ke dalam Google Chrome.

Ekstensi tersebut akan memberikan anda informasi yang up-to-date mengenai akun AdSense anda sekaligus memberikan rincian data tentang pendapatan dan performa berbagai unit iklan AdSense.

Mitos Ke-6 : Memilih Iklan AdSense Berformat Rich Media Tidak Memberikan Kesempatan Untuk Melihat URL, Kecuali Mengklik Iklan Tersebut

Sebagai penayang iklan AdSense, anda memiliki beberapa pilihan untuk mengetahui URL yang ada di balik unit iklan AdSense dengan menggunakan cara berikut ini:
  • Jika anda menggunakan Google Chrome, anda bisa menginstall Google Publisher Toolbar yang kami sebutkan di mitos ke-5. Ekstensi ini akan memberikan anda informasi tentang URL yang berada di balik unit iklan AdSense.
  • Melalui dashboard akun AdSense, anda bisa memilih Ad Review Center sebagai sebuah cara untuk melihat semua unit iklan yang ditayangkan di website anda.

Mitos Ke-7 : Saya Tidak Bisa Melihat Iklan-Iklan Yang Terlihat di Ad Review Center, Tetapi Bisa Melihatnya Secara Langsung di Website.

Ad Review Center adalah sebuah tool yang memberikan anda kesempatan untuk melakukan review secara individual terhadap unit-unit iklan AdSense.

Iklan-iklan di Ad Review Center akan terlihat setelah iklan tersebut tayang minimal selama 30 hari di website anda. Namun jika website anda sama sekali tidak menayangkan iklan selama 30 hari, maka tidak akan ada iklan yang bisa di review melalui Ad Review Center.

Itu artinya jika website anda memiliki trafik yang rendah, maka anda juga tidak akan menemukan iklan di Ad Review Center.

Setelah anda mengirimkan permintaan ke Ad Review Center, mohon tunggu selama 24 hingga 48 jam hingga iklan ditayangkan terlebih dahulu di website anda.

Itulah beberapa mitos yang sebaiknya anda ketahui sebelum melakukan pemblokiran terhadap iklan AdSense di website anda. Kami berharap artikel ini bisa memberikan tambahan informasi, wawasan dan pengalaman serta pengetahuan bagi anda tentang Google AdSense.

Akhir kata kami ucapkan banyak terima kasih atas kunjungan dan atensi anda, sampai jumpa di kesempatan berikutnya dengan artikel bermanfaat lainnya.