1/24/2017

6 Cara Mudah dan Efektif Memeriksa Performa Akun AdSense

Ibu Sartika
Sebagai seorang penayang iklan Adsense, menyempatkan waktu untuk melihat perkembangan akun AdSense di beberapa periode adalah sebuah tindakan yang sangat bijaksana. Bahkan dengan adanya antarmuka dashboard AdSense yang baru, anda diharapkan bisa memahami 6 jenis laporan yang memiliki manfaat sangat besar bagi anda untuk menganalisa keseluruhan performa akun AdSense.

Untuk memperjelas tujuan dari artikel kali ini, kami ingin mengajak anda untuk melihat lima jenis laporan yang ada di dashbord akun AdSense yang baru tersebut, sehingga kedepannya bisa dijadikan sebagai cara untuk meningkatkan performa dan pendapatan menjadi lebih baik serta sesuai dengan harapan serta target.
5 Cara Mudah dan Efektif Memeriksa Performa Akun AdSense

1. Dashboard Laporan : Dapatkan Keseluruhan Informasi Mengenai Performa Akun AdSense

Sesuai dengan namanya, dashboard laporan ini akan memberikan anda informasi secara singkat dan cepat mengenai 3 laporan dasar yang meliputi beberapa metrik utama, yakni : estimated earnings, page views dan revenue per thousand impressions (RPM).
5 Cara Mudah dan Efektif Memeriksa Performa Akun AdSense
Image source : Google Blog
Laporan ini bisa dijadikan acuan awal untuk melakukan pemeriksaan terhadap performa akun AdSense. Anda bisa mengatur untuk memilih rentang waktu yang lebih luas, misalnya berdasarkan bulan atau tahun sebelumnya.

Jika dalam laporan tersebut anda melihat kejanggalan, maka anda bisa melihat laporan yang lebih rinci dengan melakukan klik pada pilihan View report.

2. Memantau Performa Akun AdSense Berdasarkan Rentang Harian

Untuk melihat laporan ini, silahkan klik tab Performance Reports, kemdian klik Common reports di sisi panel sebelah kiri, lalu pilih Entire account by day.

Gunakan laporan Entire account by day untuk menganalisa performa harian akun AdSense. Cobalah untuk memilih perkiraan waktu, impressi, CTR dan impresi RPM untuk melihatnya secara sekaligus di waktu yang sama, sehingga anda bisa mendapatkan informasi kenapa pendapatan AdSense anda berubah dari waktu ke waktu.

Sebagai contoh, jika anda melihat penurunan pendapatan disebabkan oleh anjloknya CTR, maka tindakan yang paling tepat adalah menempatkan iklan di posisi yang lebih banyak di lihat oleh pengunjung website.

Lakukan eksperimen hingga anda benar-benar mendapatkan posisi yang benar-benar bisa mendapatkan lokasi yang paling potensial untuk menempatkan unit iklan AdSense.

3. Ad Units & Platforms : Memeriksa Performa Unit Iklan Berdasarkan Perangkat

Untuk mengakses laporan ini, silahkan klik tab Performance reports, kemudian pilih Common reports, lalu klik Ad units, kemudian tambahkan Platforms dari kotak kombo yang terdapat di bagian atas.
5 Cara Mudah dan Efektif Memeriksa Performa Akun AdSense
Image source : Google Blog
Laporan ini akan memberikan gambaran yang lebih baik kepada anda mengenai performa unit iklan di berbagai perangkat yang digunakan oleh pengunjung website. Dari sini anda bisa mengetahui apakah sebuah unit iklan bekerja dengan baik di perangkat smartphone, tetapi memiliki performa yang kurang baik di desktop atau sebaliknya. Anda harus mencari cara agar unit-unit iklan di website anda bisa bekerja secara maksimal, baik di perangkat mobile maupun desktop.

4. CTR dan Active View Viewable

CTR dan Active View Viewable merupakan dua buah metrik yang akan selalu diperiksa terlebih dahulu.

Active View Viewable memperlihatkan seberapa besar impresi yang benar-benar di hitung dan di di lihat. Google menentukan bahwa sebuah unit iklan AdSense akan dianggap memiliki viewable jika 50% dari unit iklan terlihat (sekaligus dilihat) setidaknya selama 1 detik.

Faktor yang mempengaruhi viewable dari unit iklan bisa disebabkan oleh hal berikut ini :
  • Pengunjung website tidak melakukan scrolling ke bagian bawah halaman, sehingga iklan menjadi tidak terlihat.
Jika sebuah unit iklan memiliki angka persentase Active view kurang dari 50%, segera periksa penempatan iklan yang bersangkutan, lalu cobalah lakukan eksperimen untuk memaksimalkannya.

5. Laporan Platform : Gunakan Untuk Membandingkan Perangkat Yang Digunakan Oleh Pengunjung Website Anda

Platform reports akan memberikan anda informasi mengenai perangkat apa saja yang paling banyak digunakan oleh pengunjung website anda sekaligus menunjukkan jenis perangkat apa yang lebih banyak menampilkan iklan AdSense.
6 Cara Mudah dan Efektif Memeriksa Performa Akun AdSense
Image source : Google Blog
Anda juga bisa melihat seberapa besar perbandingan persentase trafik dan penghasilan tertaksir yang didapatkan oleh masing-masing perangkat.

Jika anda melihat perbedaan yang mencolok, anda disarankan untuk memeriksa penempatan iklan untuk masing-masing perangkat, kemudian temukan cara untuk mengoptimalkan posisi unit-unit iklan tersebut, sehingga anda tidak mengalami perbedaan pendapatan yang terlalu besar pula.

6. Laporan Website : Membandingkan Performa Setiap Domain Yang Diotorisasi

Jika unit iklan AdSense anda dipasang di beberapa domain, maka Sites report bisa anda jadikan media untuk mengetahui website mana saja yang memiliki performa bagus maupun jelek.

Jika anda memiliki beberapa versi yang berbeda dari website anda (misalnya yang satu khusus untuk desktop, dan yang satunya lagi untuk perangkat bergerak), maka anda bisa mengetahui laporan dan performanya secara terpisah.

Itulah penjelasan dari kami mengenai 6 cara efektif dan mudah untuk memeriksa dan meningkatkan performa akun AdSense. Kami harap anda bisa memanfaatkan beberapa jenis laporan tersebut untuk membantu anda memaksimalkan pendapatan dari Google AdSense.

Akhir kata kami ucapkan banyak terima kasih atas atensi dan kunjungan anda, sampai jumpa di kesempatan yang akan datang dengan artikel informatif lainnya.