1/25/2017

Beberapa Aspek Yang Berhubungan Dengan Bayaran Google AdSense

Ibu Sartika
Berbicara tentang pendapatan serta bayaran Google AdSense sepertinya akan selalu menjadi topik pencarian yang hangat disertai volume pencarian yang relatif tinggi. Dalam kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai beberapa aspek yang berhubungan (lebih tepatnya sering dipertanyakan) oleh para penayang iklan AdSense tentang bagaimana sebenarnya Google menghitung pendapatan dari setiap klik iklan di website. Yuk mari simak satu per satu penjelasannya.

Apakah ada angka impresi dan klik minimal yang dibutuhkan sebelum saya meraih penghasilan dari AdSense ?

Jawabannya : Tidak. Anda tidak membutuhkan jumlah klik maupun impresi minimal supaya bisa mendapatkan uang dari AdSense.
bayaran google adsense per klik, penghasilan tertaksir 0
Anda bisa mulai mendapatkan uang dari semenjak seorang pengunjung website melakukan click terhadap unit iklan, dan untuk kondisi seperti ini perhitungan pendapatan iklan akan didasarkan pada CPC. Selain itu anda juga bisa mendapatkan tambahan penghasilan ketika sebuah unit iklan ditayangkan di website anda dan dianggap sebagai tayang yang valid, perhitungan seperti ini didasarkan pada perhitungan CPM.

Namun perlu di ingat bahwa anda tetap harus bisa mencapai batas penghasilan (pendapatan) minimal sebesar $100 supaya anda bisa melakukan withdraw atau pay out.

Jika sebuah unit iklan CPM ditayangkan di situs saya, apakah saya membutuhkan 1000 impresi supaya mendapatkan penghasilan ?

Tidak. Unit-unit iklan yang mendasarkan pada perhitungan CPM akan langsung membayar serta diakumulasikan ke dalam penghasilan tertaksir. Jadi, ketika anda mendapatkan satu buah impresi untuk unit iklan CPM, maka anda akan mendapatkan penerimaan pendapatan yang di hitung berdasarkan rumus : 1/1000.

Saya mendapatkan 57 impresi halaman. Kenapa saya tidak meraih penghasilan sama sekali ?

Jika hal tersebut terjadi, maka bisa dipastikan bahwa iklan-iklan yang tampil di website anda lebih banyak di dominasi oleh iklan yang menargetkan CPC, sehingga perhitungan pendapatan akan di hitung berdasarkan unit iklan yang di klik oleh pengunjung website.

Sistem yang dimiliki oleh Google akan otomatis menampilkan iklan dengan potensi menghasilkan pendapatan yang lebih besar untuk anda, dan iklan-iklan tersebut ada yang menarget CPC maupun CPM.

Berapa besar Google membayar untuk setiap klik atau impresi iklan AdSense ?

Google tidak menerapkan pembayaran dengan nilai tetap untuk setiap klik atau impresi iklan. Google hanya membayar anda dengan mengambil sebagian besar porsi yang dibayarkan kepada Google dari pengiklan AdWords.

Nilai uang yang dibayarkan sangat mungkin berbeda dan ditentukan oleh nilai CPC atau CPM aktual yang diberikan oleh pengiklan kepada Google.

Setiap iklan yang tampil di website anda akan memiliki nilai CPC dan CPM, dan itu akan selalu berubah dari waktu ke waktu, bahkan dalam hitungan detik. Dan anda sebagai penayang iklan AdSense tidak memiliki kontrol sama sekali untuk mengendalikan nilai/angka CPC maupun CPM.

Apakah saya akan di bayar ketika pengunjung website melakukan klik terhadap unit iklan berjenis link ?

Ketika seorang pengunjung website anda meng-klik iklan berjenis link, maka anda akan di bayar ketika pengunjung website tersebut melakukan klik lagi pada iklan yang ditampilkan di halaman selanjutnya, yang mana iklan tersebut sangat tertarget sekali.

Itu artinya anda tidak akan di bayar jika pengunjung website tersebut hanya meng-klik unit iklan link tersebut.

Iklan berjenis link bisa meningkatkan pendapatan AdSense secara keseluruhan dengan menyajikan konten yang lebih relevan serta langsung memonetisasi konten tersebut kepada pengunjung website anda.

Apakah saya akan di bayar ketika pengunjung menggunakan fitur pencarian di website saya ?

Dengan AdSense for Search, anda akan di bayar ketika pengunjung website anda melakukan klik terhadap iklan yang tampil dalam halaman hasil pencarian. Jadi anda bukan di bayar karena pengunjung melakukan klik pada link artikel yang tersaji dalam halaman hasil pencarian.

Itulah informasi dari kami mengenai beberapa aspek pertanyaan yang seringkali diajukan yang berhubungan dengan perhitungan dan bayaran Google AdSense. Kami harap anda bisa memahami dengan baik informasi yang kami sajikan dalam artikel kali ini.

Akhir kata kami ucapkan terima kasih atas kunjungan dan atensi anda, sampai jumpa di kesempatan yang akan datang dengan artikel informatif lainnya.