1/29/2017

Cara Mendesain Unit Iklan Yang Akan Mengoptimalkan Pendapatan AdSense

Ibu Sartika
Kami bisa memahami ketika anda membuang uang recehan di sana-sini, namun akan menjadi sebuah hal yang sangat konyol saat anda mengeluarkan uang jutaan rupiah demi memenuhi rasa kepenasaran anda untuk meraih pendapatan yang berlipat ganda dari Google AdSense.

Dalam artikel kali ini kami akan membahas tentang optimasi unit iklan AdSense dengan cara mendesain unit iklan yang ramah terhadap pengunjung, sesuai dengan niche, menyesuaikan dengan konten website, dan tentunya yang akan membantu anda meningkatkan pendapatan AdSense tanpa harus mengeluarkan biaya sepeserpun.

Banyak sekali cara sederhana yang bisa anda lakukan sebagai penayang iklan AdSense untuk meningkatkan penghasilan, tetapi sebagian besar para penayang iklan AdSense seringkali mengabaikan kemudahan serta kesederhanaan tersebut.
Cara Membuat Unit Iklan Yang Akan Mengoptimalkan Pendapatan AdSense
Ambil contoh ada salah seorang penayang iklan AdSense yang mencoba mengganti unit iklan banner berukuran 468x60 menjadi 300x250 lalu dia merasakan pendapatannya berlipat ganda dua kali lipat. Dari perubahan yang dilakukan tersebut ia mulai sadar kenapa ia tidak melakukan perubahan tersebut jauh-jauh hari sebelumnya.

Berangkat dari pengalaman salah satu penayang iklan AdSense tersebut, maka tujuan utama kami kali ini adalah meyakinkan anda supaya tidak mengalami penyesalan yang sama ketika anda mencoba merealisasikan keinginan dan harapan untuk mendapatkan penghasilan/pendapatan tambahan dari berbagai unit iklan Google AdSense yang anda "pasang" di website atau blog milik anda.

Kami menyarankan anda untuk melakukan perubahan ini sesegera mungkin. Dan di bawah ini adalah cara mudah untuk mendulang dollar dari Google AdSense :
  1. Pastikan unit iklan yang anda desain memiliki kesesuaian warna dengan warna yang mendominasi website anda. Jika memungkinkan, ubah desain warna website anda dengan satu warna tunggal (misalnya putih). Itu adalah cara pertama yang paling mudah untuk meningkatkan pendapatan anda hingga 4x lipat !.
  2. Ketika memilih format/unit iklan AdSense, ingat aturan bahwa lebih lebar itu lebih baik. Meskipun anda ingin menyesuaikan space di halaman website anda supaya tetap "berisi" dengan memasang unit iklan berukuran 160x600 dan 120x600, namun mengganti kedua unit iklan tersebut dengan unit iklan berukuran 336x280 dan 300x250 merupakan pilihan yang lebih baik, sebab dua ukuran iklan yang kami sebutkan terakhir tersebut memiliki performa yang lebih baik untuk meningkatkan pendapatan Anda. Dan semenjak unit iklan berukuran 336x280 serta 300x250 mendukung iklan berjenis gambar dan video, maka anda pun akan meningkatkan peluang penawaran yang lebih besar dari para pengiklan untuk dua jenis ukuran iklan tersebut.
  3. Set your site on fire. Sebagai penayang iklan AdSense, pastikan bahwa anda menempatkan unit-unit iklan di area yang lebih sering dikunjungi dan dilihat oleh pengunjung website anda. Ini adalah sebuah alasan kenapa area above the fold menjadi sangat populer, sebab area ini merupakan area di mana pengunjung website akan langsung menikmati konten ketika halaman website selesai di muat, dan ini dipengaruhi oleh kecepatan loading website. Ini bisa terjadi karena pengunjung yang disajikan konten dan iklan di area above the fold sangat jarang yang melakukan scrolling ke bagian bawah. Dalam arti lain, sebagian besar pengunjung akan lebih sering melihat menu bar di sisi kiri dari sebuah halaman, sehingga iklan di area tersebut akan mendapatkan perhatian yang lebih besar dari mereka. Jika template website anda memiliki tata letak seperti itu, cobalah untuk menempatkan unit iklan di area tersebut, kemudian lengkapi dengan menempatkan unit iklan berukuran 300x250 atau 336x280 di bagian tengah artikel. Menempatkan unit iklan di posisi tersebut selain akan membantu meningkatkan kenyamanan para pengunjung website untuk membaca artikel, juga akan memberikan mereka "pemandangan" visual yang lebih menarik bagi mereka sekaligus meningkatkan peluang iklan untuk di klik, dan ini artinya tambahan pendapatan anda.
Silahkan coba 3 tips di atas, anda hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari 15 menit atau mungkin 1 jam untuk mengaplikasikannya di website anda, dan anda tidak akan pernah tahu dampak mengejutkan sebelum anda mengaplikasikannya saat ini juga.

Semoga artikel ini memberikan tambahan informasi, pengetahuan dan wawasan serta pengalaman bagi rekan-rekan penayang iklan AdSense yang sudah berkunjung. Akhir kata kami ucapkan terima kasih atas kunjungan dan atensi anda, sampai jumpa di kesempatan yang akan datang dengan artikel bermanfaat lainnya.