1/13/2017

Cara Meningkatkan Trafik dan Pendapatan Adsense Untuk Jangka Panjang

Ibu Sartika
Bagaimana sih caranya meningkatkan trafik kunjungan website sekaligus mempertahankan pendapatan dari Google Adsense supaya tetap konsisten dari waktu ke waktu ? Mari simak pembahasan kami berikut ini.

Banyak yang bilang bahwa salah satu tantangan terbesar seorang blogger adalah me-monetize blog supaya bisa menghasilkan uang sehingga menjadi sumber pendapatan pasif maupun aktif untuk jangka panjang.

Tantangan tersebut biasanya mengemuka ke permukaan dikarenakan mereka (para blogger) mendapatkan kesulitan ketika mengajukan permohonan sebagai penayang iklan AdSense. Tahapan ini seringkali di anggap sebagai sebuah "penderitaan" oleh para blogger yang tidak memiliki kesabaran dan kreativitas.

Kenapa harus membahas kreativitas ? Karena Google itu membutuhkan dan mencari orang-orang yang memiliki ide gila dan kreatif, dan itu berlaku untuk para blogger, terutama yang ingin menjadikan blog sebagai sumber pendapatan online.
cara meningkatkan traffic website
Namun, kami ingin mengingatkan bahwa tantangan tersebut akan serta merta akan berubah menjadi "penderitaan yang lebih menyakitkan" ketika anda sudah diterima menjadi penayang iklan AdSense.

Setiap angan-angan terhadap nikmatnya mencicipi dollar akan tiba-tiba karam ketika mengetahui bahwa mendapatkan sen demi sen dollar itu tidaklah semudah yang dibayangkan. Dan kami sendiri pernah mengalami berada dalam fase yang syarat dengan pengalaman tersebut.

Dalam kesempatan kali ini kami akan membagikan pengalaman tersebut dengan harapan anda bisa lebih mudah membangun impian tanpa harus kehilangan semangat dan harapan ke dalam sebuah artikel yang bertajuk cara meningkatkan trafik website dan pendapatan Adsense untuk jangka panjang. Tak lupa kami juga menyertakan kerangka kerja yang di lansir dari Google Blog untuk membantu anda mewujudkan hal tersebut.

Kerangka kerja untuk meningkatkan trafik dan penghasilan Adsense berikut ini sangat mudah dipahami dan memiliki manfaat yang akan membantu meningkatkan pemahaman anda mengenai berbagai cara untuk mempertajam trafik kunjungan website atau blog.

Dengan kerangka kerja ini, kami harap anda bisa mempertimbangkan sekaligus mengaplikasikan 4 jenis optimasi yang bisa dil ihat pada gambar di bawah ini :
cara menambah visitor pada blog
Di level teratas adalah target utama anda, yakni meningkatkan atau mengembangkan penghasilan dari iklan AdSense yang di pasang di website anda.

Cobalah untuk tetap fokus mendatangkan lebih banyak kunjungan unik atau meningkatkan kualitas website kepada pengunjung yang sudah mengunjungi website anda.

Untuk mendapatkan lebih banyak pendapatan dari pengunjung yang sudah berkunjung, anda harus bisa memberikan serta meningkatkan nilai ekonomi dan manfaat dari setiap page view.

Yakinkan pengunjung anda supaya lebih sering melihat serta mengunjungi halaman lain. Bagaimana caranya ? Yuk simak penjelasan lebih rincinya di bawah ini.

1. Perhatikan Jumlah Pengunjung

Meningkatnya jumlah pengunjung unik akan di mulai dengan memahami sumber lalulintas website. Periksa laporan Google Analytics untuk melihat darimana pengunjung anda berasal dan lihat konten mana saja di website anda yang lebih banyak mendatangkan trafik.

Anda bisa menggunakan data tersebut untuk membuat konten yang lebih menarik dan lebih bermanfaat serta lebih mudah ditemukan oleh pengunjung.

2. Revenue Per Page View (RPM)

Untuk membantu anda memaksimalkan nilai dari setiap page view, cobalah untuk fokus ke dua (2) poin berikut ini.

Pertama, pastikan bahwa iklan dapat di lihat oleh pengunjung dengan menempatkan iklan tersebut di dekat konten yang lebih banyak menarik perhatian sekaligus lebih sering dikunjungi oleh pengunjung website atau blog anda.

Berikutnya adalah meningkatkan persaingan di antara unit iklan di website anda dengan melakukan tips berikut ini :
  • Gunakan iklan berjenis teks dan gambar
  • Implementasikan jenis dan ukuran iklan yang lebih banyak dilihat dan lebih baik performanya dengan melihatnya secara langsung melalui dashboard AdSense.
  • Kategorikan iklan ke dalam beberapa jenis kategori atau channel, kemudian lakukan eksperimen.
  • Pastikan bahwa unit iklan yang ada di akun AdSense anda bisa bersaing dengan jaringan iklan yang lain jika anda mengkombinasikannya dengan layanan DoubleClick for Publishers.


3. Page View Per Visit (Depth of Visit)

Untuk mendorong lebih banyak kunjungan terhadap konten yang ada di website anda serta meningkatkan waktu yang diluangkan oleh pengunjung, jelaskanlah secara eksplisit mengenai konten yang ada di website anda.

Caranya : Buatlah konten yang akan menarik minat calon pengunjung dengan meyakinkan kepada mereka bahwa mereka akan mendapatkan apa yang mereka cari atau mereka butuhkan.

4. Visit Per User (Loyalty)

Meningkatkan kesetiaan pengunjung untuk terus mengunjungi dan menikmati berbagai konten yang ada di website anda bukanlah sebuah hal mudah jika anda tidak memiliki tujuan terhadap website anda sendiri.

Untuk menjaga kesetiaan pengunjung, isilah website anda secara teratur dengan konten yang baru, menarik serta bermanfaat.

Anda bisa membangun kesetiaan pengunjung dengan bertanya atau melakukan survei langsung terhadap pengunjung, misalnya dengan menerapkan strategi email langganan atau membuat channel sosial media.

Itulah penjelasan rinci mengenai cara meningkatkan trafik kunjungan website dan tips meningkatkan pendapatan dari Google AdDense dengan menggunakan kerangka kerja bagi penayang iklan Adsense.

Akhir kata dari kami, semoga artikel ini memberikan tambahan informasi, pengetahuan, pengalaman dan wawasan untuk anda, sehingga tetap bisa menjadi seorang blogger yang rutin mendapatkan penghasilan dari Google Adsense.