1/29/2017

Rangkaian Proses Yang Terjadi Sebelum Iklan AdSense Tampil di Website Anda

Ibu Sartika
Kami seringkali mendapat pertanyaan dari sesama rekan penayang iklan AdSense mengenai unit iklan yang tayang di berbagai website bisa berbeda beserta pengaruhnya terhadap pendapatan. Jika anda pernah merasa bingung kenapa iklan berjenis teks kurang dari 4 unit seringkali terlihat dengan ukuran yang sangat besar, atau kenapa satu buah iklan berjenis gambar bisa menggantikan 3 atau 4 iklan teks. Dalam artikel kali ini kami akan membahas hal-hal yang berhubungan dengan pertanyaan seperti itu secara lebih mendalam.

Jawaban paling ekstrim yang bisa kami berikan adalah cobalah terbangkan imajinasi anda menuju lelang iklan AdSense, berimajinasilah dengan baik supaya anda bisa memaksimalkan pendapatan.

Sebagai pengingat, dalam proses lelang iklan tersebut para pengiklan akan melakukan penawaran supaya mereka bisa menampilkan iklan di website anda.

Jumlah dan harga dari iklan dalam lelang bisa berubah dari impresi ke impresi yang lain berdasarkan seberapa besar para pengiklan sanggup membayar serta seberapa mampu mereka mengeluarkan biaya terhadap kampanye iklan.

Proses di atas di sebut sebagai dinamika lelang iklan.
Tahapan yang terjadi sebelum iklan AdSense tampil di website
Sebagai tambahan, proses penawaran yang dilakukan oleh para pengiklan akan melibatkan peringkat berdasarkan quality score untuk memastikan pengalaman yang baik terhadap beberapa pihak, yakni pengiklan, penayang iklan serta pengunjung website.

Untuk membantu meningkatkan pemahaman anda mengenai bagaimana sistem Google AdSense menangani berbagai jenis iklan, dalam artikel kali ini pertama-tama kita akan fokus kepada bagaimana iklan berjenis teks dan gambar berkompetisi dalam lelang iklan untuk memenangkan kemudian mengisi space iklan di website anda.

Ambil contoh anda memilih sebuah unit iklan leaderboard berukuran 728x90 yang bisa menampilkan teks serta gambar. Untuk setiap impresi, sistem Google AdSense akan memprediksi jenis iklan yang mana yang lebih berharga (memiliki nilai keuntungan lebih besar). Ketika memilih iklan sebagai pemenang untuk halaman website anda, sistem tersebut akan mengambil penawaran dan quality score dari para pengiklan kemudian memasukkannya sebagai bahan pertimbangan serta mempertimbangkan histori data untuk iklan yang spesifik dalam rangka memprediksi performa secara menyeluruh.

Jadi, meskipun sebuah iklan berjenis leaderboard bisa menampilkan hingga empat iklan secara sekaligus, namun unit iklan tersebut dalam beberapa kasus seringkali  hanya menampilkan sebuah iklan berjenis gambar dengan pertimbangan bahwa sistem menganggap bahwa satu iklan berjenis gambar tersebut akan memiliki performa yang lebih baik daripada 4 iklan berjenis teks dalam space yang sama.

Dengan memaksimalkan kompetisi untuk ruangan/posisi iklan di website anda, maka anda juga sudah melakukan tindakan yang baik, yakni akan memperbesar potensi pendapatan anda. Itulah alasannya kenapa tim sales AdSense selalu merekomendasikan anda untuk memilih unit iklan yang bisa menampilkan format teks dan gambar sekaligus dikarenakan bisa meningkatkan kompetisi untuk space iklan di website anda.