1/22/2017

Mengungkap Rahasia Dibalik CTR dan Pendapatan Adsense

Ibu Sartika
CTR iklan Adsense naik tapi pendapatan menurun? Curiga terkena efek smart pricing? Penasaran kenapa itu bisa terjadi kepada anda? Ini loh jawabannya.

Pasti ada yang pernah berujar atau berkata "Kenapa peningkatan clickthrough rate (CTR) terkadang disertai dengan penurunan pendapatan?".

Dalam artikel kali ini kami akan membahas mengenai rahasia atau misteri di balik fenomena tersebut secara lebih dalam berdasarkan sudut pandang kami sebagai penayang iklan Adsense.

Biasanya kami seringkali mendengar pertanyaan atau ungkapan tersebut dari rekan sesama penayang iklan Adsense yang mengalami kebingungan dengan pendapatan dari iklan yang tidak berubah atau bahkan cenderung menurun meskipun CTR mengalami kenaikan.

Sekilas, fenomena ini terlihat sangat susah untuk dijelaskan. Dan ketika hal tersebut terjadi, banyak sekali penayang iklan Adsense yang berprasangka atau merasa curiga bahwa hal itu disebabkan oleh efek "smart pricing", dan tak jarang ada penayang iklan Adsense yang berpikiran bahwa Google sudah merubah persentase pembagian keuntungan/penghasilan.

Apa yang sebenarnya terjadi ? Yuk kita simak penjelasannya di bawah ini.
Mengungkap Rahasia Dibalik CTR dan Pendapatan Adsense
Adsense merupakan sebuah program periklanan yang unik, sebab Adsense di desain untuk memaksimalkan eCPM bagi setiap penayang iklan dengan mempertimbangkan secara baik dan teliti mengenai penawaran CPC beserta kemungkinan iklan akan di klik.

Beberapa iklan bersifat atraktif untuk menjangkau berbagai jenis pengunjung secara lebih luas, hal tersebut terjadi dengan tujuan supaya iklan memiliki peluang lebih besar untuk di klik.

Hal di atas akan menjadi hal yang baik untuk meningkatkan CTR, namun sebaliknya para pengiklan kemungkinan besar akan mengurangi angka penawaran untuk jenis iklan yang memiliki jangkauan terlalu luas.

Sedangkan iklan-iklan lainnya hanya bersifat atraktif khusus kepada pengunjung yang mengakses website dengan niche minimalis.

Para pengiklan secara tipikal akan membayar lebih besar untuk jenis iklan tertarget khusus untuk niche yang sangat spesifik, namun kendalanya iklan seperti ini rata-rata lebih jarang di klik.

Semuanya tergantung dari inventory iklan, dalam beberapa hari berikutnya anda bisa melihat bahwa Adsense akan menampilkan beberapa jenis unit dan slot iklan yang memiliki CTR tinggi dan CPC kecil. Namun di hari berikutnya,...anda bisa melihat kondisi yang berlawanan.

Jika anda melihat korelasi tersebut dalam laporan Adsense, ingatlah bahwa Adsense selalu bekerja keras untuk memaksimalkan pendapatan para penayang iklan. Satu pelajaran penting yang bisa anda lakukan sebagai penayang iklan adalah mengambil keuntungan dari kondisi tersebut.

Itulah penjelasan dari kami mengenai rahasia di balik CTR dan pendapatan Adsense, semoga setelah membaca artikel ini anda bisa mendapatkan tambahan informasi dan pengalaman yang bisa anda gunakan untuk lebih memahami Google Adsense.

Akhir kata kami ucapkan banyak terima kasih atas kunjungan dan atensi anda, sampai jumpa di kesempatan yang akan datang.