1/24/2017

Cara Meningkatkan Performa Iklan AdSense di Perangkat Bergerak

Ibu Sartika
Dalam artikel kali ini kami akan memberikan perhatian khusus terhadap informasi yang kami sajikan supaya anda bisa memahami sekaligus dapat menerapkan cara yang efektif untuk meningkatkan performa iklan Adsense di perangkat bergerak seperti smartphone maupun tablet.

Artikel ini ditujukan khusus bagi anda yang saat ini berkecimpung sebagai pembuat/penulis konten (artikel) dan penayang iklan AdSense.

Sebagaimana peningkatan akses internet di perangkat bergerak yang terus beranjak naik, memilih iklan mobile yang memiliki pengaruh tinggi merupakan kunci utama untuk para pemilik dan pengelola website dalam meraih pendapatan atau penghasilan dari pengunjung.

Dengan memilih iklan mobile yang tepat untuk bisnis anda, maka tindakan terbaik adalah meyakinkan terlebih dahulu bahwa setiap impresi iklan mobile tersebut menerima atau memiliki nilai sebesar mungkin, yang mana hal itu bisa ditentukan dengan melakukan kolaborasi antara beberapa metrik seperti viewability, ukuran, penempatan dan permintaan terhadap iklan Adsense.
Cara meningkatkan performa iklan AdSense di perangkat bergerak
Faktor yang tidak kalah penting dalam meningkatkan performa berbagai unit iklan AdSense di perangkat bergerak adalah mengedepankan pengalaman dan kenyamanan pengguna atau pengunjung website dengan cara memilih format dan penempatan iklan yang tepat untuk website anda, sehingga diharapkan bisa meningkatkan keterikatan antara pengunjung dengan website anda, dan yang paling utama adalah mereka tidak merasa terganggu dengan penampilan iklan yang berlebihan (terlalu mencolok).

Mulailah dengan memilih format iklan mobile yang memiliki dampak (pengaruh) besar, yakni :
  • Medium Rectangle (300x250)
  • Large Rectangle (336x280)
  • Large Mobile Banner (320x100), dan
  • Rectangular Responsive Ad Units
Google dan kebanyakan penayang iklan AdSense di seluruh dunia sepakat bahwa ke-empat jenis ukuran iklan tersebut terbukti memiliki pengaruh yang besar terhadap performa iklan di perangkat bergerak.
Strategi meningkatkan kunjungan website dan memperbesar pendapatan AdSense
Dan berikut ini adalah beberapa alasan kenapa kami merekomendasikan 4 format iklan yang kami sebutkan di atas :
  • Setiap format bekerja dengan baik di perangkat desktop maupun mobile (terkecuali iklan berjenis large mobile banner). Unit-unit iklan tersebut akan memberikan kesempatan kepada para pengiklan untuk menampilkan beragam iklan di berbagai perangkat dengan ukuran layar yang berbeda. Dengan kesempatan tersebut, maka para pengiklan pun akan meningkatkan permintaan mereka untuk mengisi berbagai slot iklan yang tersedia, selain itu hal tersebut juga akan meningkatkan naiknya penawaran terhadap lelang iklan sekaligus meningkatkan potensi anda untuk mendapatkan pendapatan yang lebih besar. Untuk unit iklan AdSense berjenis large mobile banner pun berlaku hal yang sama, sebab ukuran iklan dengan format seperti ini akan memberikan izin untuk menayangkan iklan dengan ukuran 320x50 yang tentunya tetap akan meningkatkan kompetisi di antara para pengiklan. Jika iklan dengan ukuran 320x50 memenangkan lelang, maka unit iklan tersebut akan selalu tampil secara vertikal sejajar ke atas.
  • 4 jenis unit iklan tersebut memiliki dimensi lebih besar serta akan meningkatkan keterikatan dengan pengunjung website anda daripada unit iklan mobile yang lebih kecil, sehingga mereka bisa lebih mencuri perhatian pengunjung. Di bawah ini adalah contoh mengenai bagaimana iklan berjenis medium rectangle berukuran 300x250 terlihat di area above the fold.
Tampilan iklan AdSense mobile banner di perangkat smartphone
Image source : Google Blog
Sebagai pelengkap tambahan untuk meningkatkan perolehan pendapatan dari iklan AdSense, anda bisa mempertimbangkan untuk mencoba iklan berjenis link units, sebab iklan jenis ini pun bisa tampil dengan baik di perangkat desktop maupun mobile.

Anda bisa menambahkan hingga tiga unit iklan berjenis link units sebagai pelengkap dari 3 unit iklan utama yang hanya dibatasi hingga 3 unit iklan per halaman.

Sebagai penayang iklan AdSense sekaligus pihak yang rutin menerbitkan konten berupa artikel, anda harus memahami bahwa perkembangan melonjaknya akses internet melalui perangkat bergerak merupakan sebuah kondisi yang harus disikapi secara bijak dan kritis, dan kedepannya akan lebih semakin berkembang.

Tingkatkan strategi penerapan iklan untuk pengunjung yang mengakses internet melalui perangkat bergerak dengan cara menerapkan atau menempatkan unit-unit iklan mobile yang memiliki dampak besar terhadap penghasilan serta performa website, sebab itu adalah cara yang tepat untuk mengembangkan bisnis sekaligus meningkatkan penghasilan serta menjaga keharmonisan dengan pengunjung website anda.

Itulah pemaparan dari kami mengenai cara meningkatkan performa iklan AdSense di perangkat bergerak atau mobile. Semoga artikel ini bisa memberikan tambahan manfaat, informasi, wawasan, pengetahuan dan pengalaman untuk anda supaya bisa menjadi penayang iklan AdSense yang lebih sukses. Amin.

Akhir kata kami ucapkan terima kasih atas kunjungan dan atensi anda, sampai jumpa di kesempatan yang akan datang dengan informasi bermanfaat lainnya.