1/25/2017

Peran Besar Viewability Iklan AdSense Terhadap Penghasilan

Ibu Sartika
Artikel ini akan menggali dan menjelaskan mengenai peranan viewability iklan AdSense sekaligus memanfaatkannya untuk meningkatkan performa akun AdSense sehingga kita bisa meningkatkan atau mengembangkan penghasilan secara konsisten.

Pembahasan kali ini kami lansir dari Blog Inside Adsense, tujuannya tiada lain adalah untuk berbagi informasi dengan menggunakan bahasa yang relatif lebih mudah dipahami oleh rekan-rekan penayang iklan AdSense yang terkendala oleh pemahaman tentang bahasa Inggris.
peran besar viewability iklan Adsense terhadap pendapatan atau penghasilan

Apa Yang di Maksud Dengan Viewability Yang Ada di Dalam Laporan AdSense?

Media Rating Council (MRC) dan IAB menjelaskan bahwa sebuah iklan yang ditayangkan akan di anggap sebagai unit iklan yang viewable ketika sekurang-kurangnya 50% dari unit iklan tersebut bisa di lihat di layar pengguna minimal 1 detik atau lebih.

Apa Pengaruh Viewability Iklan Terhadap Penghasilan Kita Sebagai Penayang Iklan AdSense?

Iklan yang disajikan tidak bisa diartikan sebagai iklan yang akan selalu bisa di lihat, selain itu para pengiklan serta penayang iklan digital memiliki perhatian lebih terhadap industri ini. Mereka mulai menganggap sekaligus lebih menghargai iklan yang terlihat oleh pengunjung daripada iklan yang menghasilkan impresi.

Hal itu bisa terjadi dikarenakan iklan yang dipertimbangkan sebagai iklan yang terlihat memiliki peluang lebih besar untuk menarik minat pengunjung sekaligus meningkatkan peluang untuk di klik, sehingga akan memberikan keuntungan dua arah, baik untuk pemilik website maupun untuk para pengiklan.

Dan hasilnya adalah para pengiklan yang lebih memahami hal tersebut akan memberikan perhatian berlebih kepada viewability dikarenakan mereka merasa iklan seperti itu akan memiliki rasio yang seimbang ketika mereka memutuskan untuk mengalokasikan dana untuk beriklan di AdWords.

Jika sebuah iklan tidak terlihat oleh pengunjung website, maka iklan tersebut tidak memiliki dampak sama sekali, baik untuk pemilik website maupun untuk pengiklan.

Selain itu juga iklan yang tidak terlihat tidak bisa mengubah persepsi pengunjung serta tidak bisa meningkatkan kepercayaan terhadap produk pengiklan.

Itulah sebabnya kenapa viewability ini menjadi salah satu faktor pengukuran yang memiliki peranan besar terhadap para penayang maupun para pengiklan AdSense.

Bagaimana Cara Meningkatkan Impresi Viewability Iklan di Website Anda?

1. Tempatkan Unit Iklan Hanya di Area "Above The Fold"

Hal yang sangat menarik adalah menempatkan iklan di area "above the fold" akan menyebabkan website anda menghasilan viewability yang lebih tinggi daripada menempatkannya di posisi paling atas halaman website anda.

Anda bisa mencoba memasang unit iklan berukuran 320x100 untuk mengoptimalkan metrik viewability tersebut. Keuntungan lainnya yang akan anda dapatkan dengan memasang unit iklan dengan ukuran tersebut di area above the fold akan menghindarkan anda dari tindakan pelanggaran terhadap kebijakan penempatan iklan Adsense.

Tips tambahan : Ganti iklan berukuran 320x50 dengan ukuran 320x100.

Mengganti iklan yang berukuran 320x50 dengan unit yang memiliki ukuran 320x100 di perangkat mobile akan meningkatkan viewability dan potensi meraih penghasilan lebih besar. Nilai RPM cenderung akan meningkat ketika anda berpindah ke ukuran iklan yang lebih besar seperti 320x100.

Hal tersebut bisa terjadi karena dengan menggunakan iklan berukuran 320x100 akan menyebabkan persaingan yang lebih tinggi di antara unit iklan 320x100 dan unit berukuran 320x50 di space yang sama, sehingga akan melipatgandakan tingkat kompetisi yang berpengaruh terhadap nilai iklan.

2. Gunakan Format Iklan Yang Mobile Friendly

Meningkatkan akses internet melalui perangkat bergerak merupakan sebuah faktor yang sangat penting dalam bisnis iklan online. Berikut ini adalah beberapa format iklan mobile-friendly yang bisa anda coba :
  • Gunakan unit iklan yang memiliki dampak besar seperti medium rectangle (300x250), large rectangle (336x280) dan large mobile banner (320x100) untuk mendapatkan hasil terbaik. Dua ukuran pertama bekerja sangat baik di perangkat desktop, dan unit iklan ketiga di desain secara spesial untuk perangkat mobile.
  • Gunakan iklan berjenis page-level mobile ad, anchor ads dan vignettes. Unit-unit iklan tersebut sengaja di desain secara khusus untuk meningkatkan viewability di perangkat mobile.
Anda bisa mengaplikasi tips dari kami di atas mulai hari ini, dan kami harap anda bisa meraih viewability yang lebih baik sekaligus bisa meningkatkan penghasilan dari AdSense sesuai dengan apa yang anda harapkan selama ini.

Akhir kata kami ucapkan terima kasih atas atensi dan kunjungan anda, sampai jumpa di kesempatan yang akan datang dengan artikel informatif lainnya.