1/31/2017

Pengertian Active View dan Kontribusinya Terhadap Pendapatan

Ibu Sartika
Kami mendapatkan banyak email dari rekan-rekan penayang iklan AdSense yang rata-rata bertanya mengenai viewability dan metrik Active View yang ada di dashboard akun AdSense yang baru.

Apa peranan viewability dan Active View terhadap performa dan perkembangan akun AdSense ?

Active View bisa benar-benar membantu anda meningkatkan pendapatan AdSense, itu adalah jawaban singkatnya, dan mari kita simak lebih dalam penjelasannya.

Apa Yang di Maksud Dengan Active View dan Viewability ?

Active View adalah solusi pengukuran yang dilakukan oleh Google untuk mengukur performa berbagai unit iklan AdSense yang ditayangkan di website yang memenuhi kebijakan program AdSense.
Pengertian Arti Active View dan Kontribusinya Terhadap Penghasilan
Active View akan melacak viewability dari unit-unit iklan yang didistribusikan oleh AdSense. Active View berisi seberapa besar persentase unit-unit iklan yang dipertimbangkan sebagai unit iklan yang terlihat dari keseluruhan unit iklan yang di ukur.

Untuk melakukan pengukuran tersebut, Google menggunakan standar industri iklan online, yakni sebuah iklan yang tampil akan di anggap sebagai iklan yang terlihat ketika 50% dari sebuah unit iklan berada di area yang terlihat serta di lihat oleh pengunjung website minimal 1 detik atau lebih.
Memahami Lebih Dalam Arti Active View di Dashboard AdSense
Image source : Google Blog
Namun harus dipahami juga bahwa satu buah unit iklan tidak akan pernah di anggap sebagai unit iklan yang terlihat jika pengguna tidak melakukan scrolling ke bagian bawah halaman.

Itulah alasan kenapa viewability merupakan sebuah cara yang baik untuk menentukan apakah iklan-iklan AdSense anda benar-benar di lihat oleh pengunjung website anda atau hanya di muat saja tanpa menarik perhatian pengunjung.

Kenapa Viewability Memiliki Peran Penting Terhadap Pendapatan AdSense ?

Kita harus sadar bahwa industri periklanan terus berubah, kemudian akhirnya menganggap viewability sebagai hal yang baik untuk para pengiklan maupun para penayang iklan AdSense.

Berikut ini beberapa alasan kenapa viewability berperan besar terhadap pendapatan AdSense dan penghasilan para pengiklan AdWords.

1. Manfaat Untuk Pengiklan dan Industri Periklanan

Tanpa pengukuran viewability, pengiklan akan membayar untuk iklan yang di muat di sebuah halaman meskipun iklan-iklan tersebut tidak pernah di lihat oleh pengunjung.

Jika anda adalah seorang pengiklan yang membayar untuk setiap klik, maka anda tidak akan peduli dengan viewability. Tapi jika anda membayar untuk impresi, maka viewability merupakan sebuah faktor yang harus dan akan dipertimbangkan.
Kontribusi Active View untuk pengiklan dan penayang iklan AdSense
Pengukuran Active View di anggap bermanfaat dikarenakan metrik tersebut akan & bisa membantu para pengiklan untuk mengetahui seberapa besar persentase iklan mereka di lihat oleh para pengunjung.

Selain itu juga Active View dijadikan sebagai tolak ukur bagi para pengiklan AdWords untuk melihat penayang iklan AdSense mana saja yang memberikan level viewability tertinggi/terbesar terhadap iklan yang mereka kampanyekan.

Metrik Active View di anggap sebagai faktor yang membantu para pengiklan untuk membuat keputusan yang lebih bijaksana ketika membeli impresi iklan dari para penayang iklan AdSense. Selain itu juga Active View membuat iklan dengan format teks dan gambar lebih mudah di ukur secara lebih efektif.

2. Manfaat Untuk Penayang Iklan AdSense

Metrik/pengukuran Viewability juga akan membantu para penayang iklan AdSense untuk mengetahui performa sebenarnya dari iklan-iklan AdSense yang tampil di website mereka.

Dengan pertimbangan bahwa sebuah iklan memberikan pendapatan berdasarkan klik atau impresi, maka perlu di ingat bahwa iklan yang tidak terlihat (sekaligus tidak di lihat) oleh pengunjung tidak akan memberikan pengaruh atau dampak sama sekali terhadap pendapatan penayang iklan AdSense.

Jika itu terjadi dalam jangka waktu yang lama, maka anda sebagai penayang iklan AdSense akan sangat sulit mendapatkan penghasilan dari iklan AdSense.

Ketika anda mendapatkan pemberitahuan bahwa persentase Active View untuk beberapa unit iklan memiliki nilai yang lebih kecil dari unit iklan yang lain, itu berarti posisi iklan tersebut kemungkinan besar harus diperbaiki dan dioptimalkan.

Active View bisa membantu meningkatkan pendapatan para penayang iklan AdSense ketika mereka sudah berperan aktif meningkatkan performa iklan-iklan yang memiliki performa viewability yang rendah.

Bagaimanakah Meningkatkan Viewability Unit Iklan AdSense ?

Setelah anda merasa familiar dengan statistik viewability yang ada di akun AdSense, maka anda bisa melakukan dua perubahan berikut ini untuk meningkatkan performa akun AdSense anda :

1. Mengubah Ukuran Iklan AdSense

Unit iklan vertikal seperti 160x600 dan 120x600 cenderung memiliki persentase Active View yang lebih besar. Ini masuk akal, sebab unit iklan vertikal akan terlihat lebih lama ketika seorang pengunjung website melakukan scroll ke bagian bawah halaman.

Ukuran iklan lain yang memiliki rating viewability tinggi adalah unit iklan berukuran 120x240 dan 240x400.

2. Mengubah Posisi Iklan

Mempertimbangkan kembali posisi unit iklan AdSense akan membantu anda meningkatkan persentase viewability.

Hal ini bukan hanya tentang menempatkan lebih banyak unit iklan di bagian paruh atas halaman, namun iklan yang diposisikan di bagian atas above the fold cenderung memiliki persentase viewability lebih besar dengan alasan bahwa unit iklan tersebut tetap akan terlihat meskipun pengunjung melakukan scroll ke bagian bawah halaman.

Cobalah untuk memposisikan iklan di area tersebut di website anda mulai hari ini untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.
Mengubah posisi iklan AdSense untuk meningkatkan Active View
Dengan memberikan perhatian lebih terhadap persentase Active View, maka secara tidak langsung anda sudah membuat sebuah keputusan yang akan membantu anda mendatangkan lebih banyak iklan tertarget serta lebih relevan dengan konten website.

Tindakan itu juga sekaligus akan membantu mempermudah pekerjaan anda untuk mengurangi unit-unit iklan yang tidak relevan serta tidak anda inginkan kepada para pengunjung website anda.

Sebagai pelengkap, anda harus tetap berpikir dan bertindak secepatnya untuk memperbaiki unit iklan yang memiliki performa rendah dengan sebuah cara baru yang memiliki potensi lebih besar untuk meraih penghasilan lebih baik secara keseluruhan.

Kami berpikir bahwa kedepannya viewability dan Active View ini akan mengubah cara berpikir para pengiklan sebelum mengalokasikan dana untuk beriklan secara online.

Dan jika anda adalah seorang penayang iklan AdSense, maka hal ini merupakan sebuah hal yang sangat penting, oleh karena itu memiliki ide dan perhatian lebih terhadap viewability, mengubah ukuran iklan dan memperhatikan dengan baik posisi iklan AdSense akan menjadi sebuah keputusan yang sangat tepat dalam rangka meningkatkan potensi penerimaan atau pendapatan yang lebih baik.

Itulah pembahasan dari kami mengenai pengertian Active View dan Viewability beserta peranan atau kontribusinya terhadap penghasilan para pengiklan dan penayang iklan AdSense.

Kami berharap artikel ini bisa memberikan tambahan informasi, pengalaman, wawasan dan manfaat untuk kita semua sehingga bisa memahami dan memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan oleh AdSense.

Akhir kata kami ucapkan terima kasih atas atensi dan kunjungan anda, sampai jumpa kembali di kesempatan yang akan datang dengan artikel dan informasi bermanfaat lainnya.