1/30/2017

Pengertian Invalid Clicks dan Click Fraud Yang Sebenarnya

Ibu Sartika
Kami seringkali mendapatkan pertanyaan dari rekan-rekan penayang iklan AdSense yang belum begitu memahami tentang invalid clicks dan click fraud.

Dalam kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai dua hal tersebut secara lebih detail dengan mengambil referensi informasi dari Tim Iklan Berkualitas Google.

Berikut ini adalah penjelasannya, mari kita simak bersama-sama.

Invalid Clicks

Invalid clicks atau klik tidak sah adalah jumlah klik yang dilakukan terhadap berbagai unit iklan AdSense, klik tersebut tidak akan dihitung sama sekali.

Klik tidak sah biayanya tidak akan dibebankan sama sekali kepada para pengiklan AdWords, selain itu juga pihak penayang iklan AdSense tidak akan mendapatkan pendapatan dari klik tidak sah yang terjadi.
Pengertian Invalid Clicks dan Click Fraud Dalam Google AdSense
Invalid clicks dikategorikan sebagai klik yang tidak memberikan keuntungan sama sekali terhadap para pengiklan.

Selain itu invalid clicks juga bisa terdiri dari beberapa jenis klik yang ditentukan sebagai jenis klik yang dilakukan oleh pengunjung website yang tidak memiliki motivasi sama sekali untuk melakukan klik terhadap iklan AdSense.

Invalid clicks seringkali disalahartikan sebagai "melakukan klik terhadap berbagai unit iklan yang ada di website kita". Namun secara umum Google selalu berusaha mencegah terjadinya pembengkakan biaya di pihak pengiklan atau pendapatan para penayang iklan AdSense dengan cara melakukan pengawasan terhadap setiap klik yang dilakukan terhadap berbagai unit iklan AdSense.

Click Fraud

Click fraud merupakan bagian dari klik tidak sah yang dilakukan dengan maksud jahat atau menipu. Dalam arti lain, click fraud adalah klik yang dilakukan untuk melambungkan biaya pengiklan atau meningkatkan penerimaan penayang iklan secara dibuat-buat.

Jenis klik yang dikategorikan sebagai click fraud (namun tidak dibatasi), antara lain :
  • Seorang penayang iklan melakukan klik di unit iklan-nya sendiri atau unit iklan lain yang ditayangkan di websitenya.
  • Teman atau anggota keluarga anda melakukan klik untuk mendukung website penayang iklan AdSense.
  • Program pihak ketiga yang dilandasi insentif seperti layanan PTC atau pertukaran iklan.
  • Tool klik otomatis, robot atau software terlarang lainnya.
Prinsip sama yang kami sebutkan di atas juga berlaku untuk impresi dan konversi iklan. Beberapa jenis yang dikategorikan sebagai impresi tidak valid (namun tidak dibatasi), antara lain :
  • Melakukan refresh halaman secara berlebihan, baik yang dilakukan secara manual maupun otomatis.
  • Program pihak ketiga yang melibatkan insentif atau bayaran seperti program paid-to-surf atau auto-surf
  • Program pihak ketiga untuk pembelian sejumlah trafik, misalnya  $10 untuk 1000 page views.
Sebagai pengingat, setiap metode yang secara sengaja dilakukan untuk menghasilkan klik, impresi atau konversi merupakan hal-hal yang sangat dilarang serta melanggar kebijakan program AdSense.

Mungkin itu penjelasan dari kami mengenai invalid clicks dan click fraud. Semoga informasi yang kami sajikan kali ini bisa memberikan tambahan informasi, manfaat dan wawasan dengan harapan anda bisa menjadi penayang iklan AdSense yang lebih sukses di masa depan.

Akhir kata kami ucapkan terima kasih atas kunjungan dan atensi anda, sampai jumpa di kesempatan yang akan datang dengan informasi bermanfaat lainnya.