1/15/2017

Skema Persentase Pembagian Keuntungan Adsense Yang Wajib Anda Ketahui

Ibu Sartika
Dalam rangka meningkatkan transparansi dengan penayang iklan Adsense, Google sudah berbagi informasi mengenai persentase pembagian keuntungan untuk dua produk utama Adsense, yakni Adsense for content (AFC) dan Adsense for search (AFS).

Seperti yang kita ketahui bahwa Adsense memiliki beberapa jajaran produk. Yang paling populer adalah Adsense for content yang mengizinkan penayang iklan untuk mendapatkan penghasilan dari iklan yang dipasang berdampingan di berbagai konten di website yang dimiliki oleh penayang iklan Adsense.

Produk satu lagi adalah Adsense for search yang memperbolehkan penayang iklan Adsense untuk menempatkan sebuah custom Google search engine di website mereka dan menghasilkan pendapatkan dari iklan yang tampil di halaman pencarian.

Semenjak Adsense for content dan Adsense for search ditawarkan kepada penayang iklan sebagai layanan terpisah, maka pendapatan untuk pengiklan pun akan berbeda untuk masing-masing produk.
Persentase Pembagian Keuntungan Adsense Yang Wajib Anda Ketahui
Penayang iklan Adsense for contents akan mendapatkan persentase pembagian keuntungan lebih besar, yakni 68%. Ini artinya Google akan membayar sebesar 68% dari total keseluruhan penghasilan yang di raih oleh Google untuk masing-masing penayang yang memasang unit iklan di websitenya.

Sisa sebesar 32% yang didapatkan dari penayang Adsense for content akan digunakan oleh Google untuk menjaga kelangsungan siklus produk dan investasi jangka panjang produk Adsense, diantaranya untuk mengembangkan teknologi, produk dan fitur baru untuk membantu memaksimalkan penghasilan para penayang iklan Adsense.

Selain itu juga sisanya akan digunakan untuk membangun dan mengembangkan produk serta fitur yang akan membantu para pengiklan Adwords untuk mempersiapkan berbagai situs rekanan Adsense. Semenjak tahun 2003, pembagian keuntungan (share profit) tersebut belum berubah hingga sekarang.

Sedangkan untuk produk Adsense for Search (AFS), Google akan membayar sebesar 51% untuk setiap iklan yang tampil dalam halaman pencarian.

Tidak jauh berbeda dengan Adsense for Content (AFC), proporsi sisa keuntungan yang didapatkan oleh Google dari Adsense for search akan dialokasikan untuk kebutuhan yang sama dengan tambahan untuk mengatasi pembengkakan biaya penelitian dan pengembangan yang bersangkutan dengan teknologi pencarian utama serta teknologi Adsense.
Persentase Pembagian Keuntungan Adsense Yang Wajib Anda Ketahui
Pembagian keuntungan untuk produk Adsense for Search masih tetap tidak berubah semenjak tahun 2005, dan Google belum merubah persentase pembagian keuntungan tersebut.

Google juga menawarkan produk Adsense tambahan, termasuk Adsense untuk aplikasi mobile (perangkat bergerak), Adsense for Feeds dan Adsense for Games.

Sebagai tambahan, pembagian keuntungan untuk Adsense for Content dan Adsense for Search bisa saja berbeda untuk penayang iklan tertentu yang sudah melakukan negoisasi atau kontrak dengan Google secara langsung.

Dan satu lagi, Google tidak bisa menjamin bahwa pembagian persentase keuntungan tidak akan pernah berubah (sebab biaya bisa berubah kapan saja secara signifikan, misalnya). Tetapi patut di ingat juga bahwa Google belum memiliki rencana untuk melakukan perubahan terhadap produk yang berhubungan dengan Adsense.

Untuk melihat apakah ada perubahan terhadap persentase pembagian keuntungan, kami menyarankan anda untuk memeriksanya secara langsung melalui dashboard Adsense dengan login terlebih dahulu menggunakan akun Google anda.

Google sangat berharap ketransparanan tambahan tersebut bisa membantu para penayang iklan Adsense untuk meningkatkan kerjasama bisnis dengan Google.

Google percaya bahwa pembagian keuntungan tersebut sangat kompetitif. Dan denganmeningkatnya jumlah pengiklan Adsense yang bersaing dalam jaringan iklan Adsense akan membantu meyakinkan anda untuk meraih pendapatan dari setiap impresi iklan.
Skema Persentase Pembagian Keuntungan Adsense Yang Wajib Anda Ketahui
Sebagai tambahan lainnya, Google mempertimbangkan pilihan monetisasi yang berbeda. Google menyarankan anda untuk fokus kepada pendapatan total yang berasal dan dihasilkan oleh website anda daripada mempermasalahkan persentase pembagian keuntungan yang justru pada akhirnya bisa menyebabkan kesalahpahaman.

Sebagai contoh, anda akan mendapatkan $68 dari Adsense for Content untuk setiap penghasilan total sebesar $100 dari iklan yang tampil di website anda. Hal ini berbeda dengan jaringan iklan lain yang menawarkan pembagian keuntungan sebesar 80%, namun hanya akan membayar sebesar 50% dari keseluruhan iklan yang tampil di website anda, itu artinya anda hanya mendapat pendapatan akhir sebesar $40.

Dalam kasus ini, pembagian keuntungan yang lebih besar tidak akan membuat anda mendapatkan pendapatan yang lebih rendah daripada pendapatan yang anda dapatkan dari jaringan iklan lainnya.

Google akan terus menerus bekerja dan membantu anda untuk meningkatkan pendapatan dari website anda dengan memberikan lebih banyak kontrol dan wawasan tentang/terhadap Adsense. Misalnya, Google akan terus meningkatkan teknologinya sehingga Google bisa mendistribusikan lebih banyak iklan yang cocok dengan konten website anda serta meningkatkan interaksi dengan pengiklan untuk menyajikan iklan yang relevan di website anda.

Sebagai tindak lanjut, anda bisa memulai mengoptimalkan penghasilan dari iklan adsense dengan cara menemukan dan mereview iklan di website anda dengan memanfaatkan fitur penyaringan iklan berdasarkan kategori.

Itulah pembahasan singkat dari kami mengenai persentase pembagian keuntungan untuk beberapa produk Adsense yang mungkin akan memberikan manfaat untuk anda.

Akhir kata dari kami, semoga artikel ini bisa memberikan informasi dan wawasan serta pengetahuan untuk anda. Terima kasih atas kunjungan dan atensi anda, sampai jumpa di kesempatan yang akan datang.