1/23/2017

Strategi Baru Meningkatkan Pendapatan Dari Adsense dan AdMob

Ibu Sartika
Setiap menjelang liburan, seharusnya anda bisa memperkirakan sekaligus menyikapi kondisi tersebut dengan baik, sebab akan terjadi peningkatan akses internet, terutama dari perangkat bergerak seperti smartphone yang digunakan untuk memainkan berbagai aplikasi bergerak khususnya permainan atau game.

Berdasarkan data yang dikumpulkan oleh sebuah lembaga riset, setiap tahun di momen-momen liburan terdapat jutaan perangkan bergerak yang di aktivasi, hal tersebut disertai dengan miliaran aplikasi yang di download dan di instal ke dalam perangkat yang di aktivasi tersebut.

Sebuah studi* yang berkaitan dengan AdMob menemukan bahwa aplikasi permainan yang di download dan dimainkan di perangkat bergerak memiliki peringkat tinggi di saat liburan yang bisa dijadikan sebagai peluang untuk meraih pendapatan lebih besar, khususnya bagi para pengembang aplikasi.
Strategi Baru Meningkatkan Pendapatan Dari Adsense dan AdMob
Sebuah strategi baru untuk para pengembang aplikasi berjenis permainan bisa membantu mereka meningkatkan pendapatan dengan memaksimalkan penerapan strategi tersebut di dalam aplikasi yang di buat.

Sebagai contoh, pengembang game dari Jepang, Izumi Artisan menggunakan strategi ini untuk meningkatkan penghasilan dari AdSense dan AdMob hingga mencapai 60%, dan hari ini kami akan berbagi mengenai detail dari strategi tersebut.

1. Membuat Panduan Strategi Untuk Permainan dan Mempostingnya di Website

Panduan atau strategi mengenai cara bermain beserta aspek lain yang berhubungan dengan permainan akan menjadi sebuah hal yang lumrah untuk setiap pemain game yang mencari kemudahan atau hanya sekedar mencari cara lebih mudah untuk menyelesaikan permainan.

Hasilnya sudah bisa di tebak, yakni akan terdapat banyak panduan tentang cara bermain yang disediakan oleh berbagai website pihak ketiga dan berinteraksi secara langsung dengan para pemain game, yang mana jumlah pemain tersebut rata-rata sangat fantastis.
Strategi Baru Meningkatkan Pendapatan Dari Adsense dan AdMob
Kondisi demikian merupakan sebuah kesempatan yang sangat besar bagi anda sebagai pengembang game atau permainan, sebab anda bisa membuat strategi milik anda sendiri dan menyajikan panduan atau strategi tersebut di website anda.

Untuk membuat panduan cara bermain, anda bisa melihat berbagai macam contoh yang bertebaran di berbagai website di internet yang kemudian bisa anda gunakan sebagai referensi untuk membuat panduan yang sesuai dengan aplikasi permainan yang anda kembangkan.

Panduan mengenai cara bermain tersebut memang tergantung dari permainan yang kita kembangkan, namun harus tetap tetap sesuai dengan struktur, durasi dan format permainan, sehingga anda bisa mengambil kesimpulan akhir yang akan menjadi faktor pendukung kesuksesan permainan yang anda buat.

Jika di luar sana sudah ada panduan cara bermain yang disediakan oleh website pihak ketiga, cobalah bersaing dengan mereka supaya anda bisa menarik minat pengunjung dan pemakai game yang anda kembangkan, usahakan dan cobalah untuk membuat "panduan cara bermain resmi" untuk memisahkan diri anda dari website lain yang sudah membuat panduan tersebut.

2. Monetisasi Website Anda Dengan AdSense

Membuat konten yang bermanfaat dan menyajikannya di website merupakan sebuah tahapan penting bagi anda yang ingin mendapatkan penghasilan dari permainan (game) secara online.

Untuk memulai menghasilkan uang dari konten online, maka anda bisa menggunakan (memasang) unit iklan AdSense untuk menampilkan iklan dengan relevansi tinggi di website anda.
Strategi Baru Meningkatkan Pendapatan Dari Adsense dan AdMob
Dengan AdSense, para pengiklan akan melakukan penawaran dan bersaing satu sama lain supaya iklan mereka bisa tampil di antara konten website anda.

Iklan yang tampil tersebut sangat tertarget, karena mereka (para pengiklan) lebih suka sekaligus lebih tertarik dengan pengunjung website anda.

AdSense juga menawarkan beragam fitur hebat lainnya, termasuk pilihan kustomisasi untuk mengontrol tampilan, perilaku, penempatan dan jenis atau format iklan yang akan tampil di website.

Jika saat ini anda belum menjadi seorang penayang iklan Adsense, silahkan daftarkan diri anda untuk mendapatkan akun AdSense gratis.

3. Gunakan 'House Ads' di AdMob Untuk Mengarahkan Pengguna ke Website Anda

Salah satu bagian paling penting ketika membangun kesuksesan sebuah website adalah mendapatkan dan mendatangkan pengunjung.

Sebagai seorang pengembang permainan, anda memiliki sebuah kelebihan dalam hal menjaga dan meningkatkan keterikatan dengan audiens website anda, yakni pengguna aplikasi permainan yang anda buat.
Strategi Baru Meningkatkan Pendapatan Dari Adsense dan AdMob
Dengan memanfaatkan kelebihan berupa audiens atau pengguna game tersebut, maka anda bisa dengan cepat meningkatkan permintaan terhadap konten baru di website anda, caranya adalah mengarahkan mereka ke arah yang benar.

Anda bisa melakukan hal tersebut dengan memanfaatkan fitur AdMob yang bernama house ad feature yang akan mengizinkan anda untuk menampilkan promosi kepada pengguna aplikasi game yang anda buat tanpa harus mengeluarkan biaya sepeser pun.

Dengan membuat sebuah promosi "house ad" untuk website dan menampilkannya di bagian tertentu dalam permainan, maka anda bisa dengan mudah memberitahu pengguna aplikasi bahwa anda sudah memiliki konten baru di website anda yang berhubungan dengan game tersebut.

Bagian terbaiknya adalah, anda tidak perlu melakukan proses 'pushing' secara manual terhadap versi baru dari aplikasi anda, sebab house ad bisa di update secara langsung melalui antarmuka AdMob.


Pastikan bahwa anda juga membuat aplikasi yang angka penggunaannya akan meningkat di momen liburan dengan menggunakan strategi di atas.

Itulah secuil informasi yang bisa kami sajikan kali ini untuk anda. Kami berharap anda bisa mendapatkan manfaat dan tambahan wawasan, terutama tentang AdSense dan AdMob dalam rangka meningkatkan pendapatan dari kedua produk Google tersebut.

Akhir kata kami ucapkan banyak terima kasih atas atensi dan kunjungan yang sudah anda sisihkan di website kami, sampai jumpa di kesempatan lain dengan artikel bermanfaat lainnya.