2/09/2017

3 Aturan dan 6 Cara Meningkatkan Penghasilan Dari Website Mobile

Ibu Sartika
Meskipun peningkatan akses internet melalui berbagai perangkat bergerak itu menjadi sebuah hal yang penting saat ini, namun kondisi tersebut akan menjadi lebih kritis bagi kita di masa depan.

Apapun aktivitas blogging yang anda lakukan saat ini, dari mulai membahas tim olahraga favorit anda, mengembangkan website untuk komunitas teater atau menjual produk kepada pelanggan potensial. Pengunjung website anda secara sederhana tetap harus mendapatkan pengalaman yang baik ketika mereka mengunjungi website anda menggunakan perangkat mobile yang mereka miliki.
Penelitian menunjukkan bahwa sebesar 61% para pengunjung website akan meninggalkan sebuah website mobile jika mereka tidak menemukan apa yang mereka cari.
3 Aturan dan 6 Cara Untuk Meningkatkan Penghasilan Dari Website Mobile
Berbagai situs yang tidak mobile friendly diharapkan untuk bisa di akses dengan teknik pinch (menyentuh), di geser dan di zoom supaya bisa menarik perhatian para pengunjung.

Merupakan sebuah hal yang membuat frustasi ketika para pengunjung berharap bisa menemukan informasi seperti yang mereka inginkan, namun website kita tidak menyajikan apa yang mereka harapkan. Hal seperti itulah yang pada akhirnya akan membuat kita dan para pengunjung website merasa terabaikan sekaligus diabaikan.

Untuk membuat website yang mobile friendly, ikutilah 3 aturan berikut ini :
  1. Website harus cepat. Penelitian yang dilakukan oleh Google menunjukkan bahwa sebanyak 74% pengunjung website akan merasa diabaikan oleh sebuah website mobile ketika website tersebut membutuhkan waktu melebihi 5 detik untuk memuat sebuah halaman.
  2. Website harus mudah. Penelitian yang dilakukan oleh Google juga menunjukkan bahwa 61% para pengunjung website akan meninggalkan sebuah website mobile jika mereka tidak segera menemukan apa yang mereka butuhkan.
  3. Konsistenlah dengan berbagai ukuran layar. Pastikan website mobile anda membuat para pengunjung mendapat kemudahan mengenai apa yang mereka butuhkan meskipun mereka menggunakan berbagai perangkat mobile dengan ukuran yang berbeda.
Website mobile juga harus mempertimbangkan betapa pentingnya desain website untuk kepentingan iklan AdSense.

Fokus membuat alur yang terarah antara konten dan berbagai iklan adSense akan menimbulkan pengalaman penggunaan yang sangat hebat tentang viewability untuk pengunjung dan iklan-iklan yang dipajang di website anda. Konsultasikan data hasil analisa yang anda lakukan, kemudian lacak dan pahami even mana saja yang membuat pengunjung website anda bisa "menerima" iklan yang anda pasang.

Dibawah ini adalah 6 cara terbaik yang bisa anda aplikasikan ke dalam website mobile yang anda kelola untuk meningkatkan penghasilan AdSense :
  1. Ganti unit iklan berukuran 320x50 dengan unit iklan berukuran 320x100 untuk meningkatkan RPM yang lebih potensial.
  2. Tempatkan hanya sebuah unit iklan berukuran 320x100 di paruh atas layar (above the fold).
  3. Tempatkan satu unit iklan berukuran 300x250 di area paruh bawah layar (below the fold) supaya lebih berbaur dengan konten website.
  4. Cegah accidental clicks dalam fitur tambahan iklan teks dengan memindahkan unit iklan sejauh 150 pixel dari konten website.
  5. Pertimbangkan untuk menggunakan beberapa unit iklan responsive yang akan mengoptimasi ukuran iklan supaya menyesuaikan dengan ukuran layar di website mobile yang memiliki fitur responsive.
  6. Uji website anda. Tentukan metrik yang anda anggap paling berperan terhadap performa website, kemudian lakukan pengujian secara komprehensif.
Selain itu pengaplikasian berbagai unit iklan juga harus di desain dan disesuaikan pemikiran para pengunjung website anda sebagaimana website itu sendiri.

Untuk membantu meningkatkan pemahaman anda mengenai cara yang benar dan baik untuk meningkatkan penghasilan di website bergerak (mobile) serta tetap sesuai dengan kebijakan program AdSense. Google sudah menyertakan panduan AdSense untuk anda download, sehingga anda bisa meningkatkan bisnis anda mulai hari ini dan selanjutnya.

Itulah pembahasan dari kami mengenai 3 aturan serta 6 cara yang baik untuk meningkatkan penghasilan dari iklan AdSense melalui website mobile. Kami berharap anda bisa mendapatkan tambahan manfaat, wawasan, pengetahuan serta pengalaman dari artikel ini.

Akhir kata kami ucapkan terima kasih untuk anda, sampai jumpa di kesempatan yang akan datang dengan artikel bermanfaat lainnya.