2/28/2017

3 Cara Sederhana Meningkatkan Trafik dan Kunjungan Organik

Ibu Sartika
Salah satu kalimat yang akan sering anda baca atau anda temukan di internet adalah "meningkatkan trafik dan kunjungan organik".

Kami mengartikan kalimat tersebut tidak hanya dalam satu arti, namun memiliki banyak pengertian, dan dalam artikel kali ini kami sengaja meluangkan waktu untuk membahas tentang trafik dan kunjungan organik yang berkualitas beserta pengaruhnya terhadap brand website serta penghasilan AdSense.

Secara sederhana, trafik organik pada kenyataannya seringkali diartikan sebagai trafik yang berasal dari hasil pencarian yang dilakukan di mesin pencari, selain itu trafik jenis ini seringkali di anggap sebagai sumber trafik yang memiliki nilai keuntungan lebih besar dibandingkan dengan sumber trafik lainnya, dan keuntungan tersebut tidak hanya berupa keuntungan finansial dari pageview maupun perspektif yang terus meningkat.

Kami mengartikan trafik organik sebagai sumber trafik terbaik untuk memonetisasi website maupun blog dan harus menjadi salah satu bagian paling ekstrim untuk mewujudkan gol, tujuan dan target website yang anda kelola.

Kenapa trafik organik begitu penting ? Sebab kunjungan organik itu berasal dari orang-orang yang menggunakan mesin pencari supaya mereka bisa menemukan apa yang mereka cari dan butuhkan, misalnya produk, layanan atau jawaban atas pertanyaan yang dimiliki oleh pengunjung.
3 Cara Sederhana Meningkatkan Trafik dan Kunjungan Organik
Kebiasaan dan pola pencarian yang dilakukan oleh pengunjung tersebut sangat penting, sebab mereka (para pengunjung) cenderung akan melakukan tindakan lainnya ketika sudah berkunjung ke website yang benar-benar bermanfaat, yakni akan disajikan iklan yang relevan, sehingga sebagian besar dari mereka akan mengklik iklan tersebut. Bagaimana, semoga anda mulai memahami penjelasan ini?.

Selain itu, secara de facto, para pengunjung dan pembaca yang datang ke website melalui jalur non organik seringkali berpendapat bahwa mereka sangat sulit menemukan apa yang mereka butuhkan serta sangat sedikit memiliki keinginan untuk mengklik berbagai iklan yang ada dikarenakan iklan yang disajikan tidak relevan. Dan itu sangat jauh berbeda dengan pengunjung yang berasal dari hasil pencarian organik.

Fakta lainnya menunjukkan bahwa pengunjung lama maupun pengunjung baru yang mampir ke website melalui jalur organik akan merasakan bahwa mereka memang lebih banyak merasa terbantu, kemudian iklan yang ditayangkan juga di anggap menolong para pengunjung tersebut. Intinya, konten dan iklan yang disajikan di website yang dikunjungi secara organik sama-sama memiliki manfaat untuk para pengunjung.

Lalu bagaimana dengan sumber trafik lain ? Kami tidak akan menghakimi trafik mana yang lebih baik, namun sebagai perbandingan,...pengunjung yang datang dari sosial media dikarenakan mendapatkan tautan yang dibagikan orang lain rata-rata sedikit memahami konten yang disajikan, namun iklan yang disajikan dianggap sangat susah membantu mereka, itulah yang menyebabkan kenapa iklan yang ditayangkan kepada para pengunjung dari sosial media seringkali tidak relevan dengan kebiasaan dan kebutuhan pengunjung tersebut.

Masuk akal bukan ??

Lalu bagaimanakah kita sebagai blogger sekaligus penayang iklan AdSense supaya bisa konsisten meningkatkan trafik dan kunjungan organik ? Yuk kita simak bersama 3 tips berikut ini :
  1. Konten, tepat sekali. Tugas, tujuan, misi dan pekerjaan anda sebagai blogger, penayang iklan AdSense dan pengelola web atau blog adalah terus 'menelurkan' berbagai konten emejing yang harus memberikan solusi kepada para pembaca atau pengunjung website anda, bukan hanya fokus untuk mendapatkan keinginan. Sebab konten adalah inventori berharga layaknya barang dagangan yang akan menjadi suplemen utama untuk mendongkrak trafik dan penghasilan untuk jangka panjang.
  2. SEO, kami tidak memaksa anda untuk memahami tentang SEO. Jika anda memiliki hobi menulis secara terstruktur dan memiliki visi yang jelas, maka SEO bisa dijadikan pengecualian. Tapi jika anda tidak atau belum bisa mempublikasikan konten yang bermanfaat, maka SEO harus menjadi pondasi yang diprioritaskan terlebih dahulu. Karena percaya atau tidak, SEO memiliki peranan terhadap trafik dan kunjungan organik.
  3. Fokus. Kami sudah pernah membahas tentang hal ini, silahkan simak kenapa kualitas konten website lebih penting daripada kuantitas dan harus diprioritaskan. Fokus membuat dan mempublikasikan konten yang bermanfaat, solutiv dan memiliki umur panjang adalah salah satu pekerjaan rutin seorang blogger dan penayang iklan AdSense. Percayalah bahwa 100 konten yang tidak fokus kepada tujuan tidak akan lebih baik daripada 10 artikel yang dibuat secara fokus dengan mengedepankan aspek manfaat untuk pengunjung website.
Trafik dan kunjungan organik sangat penting untuk setiap pengelola website maupun penayang iklan AdSense. Hal itu bisa diketahui dengan melihat tinggi dan rendahnya SERP (Search Engine Rank Position) yang diraih oleh blog atau website yang anda kelola. Semakin tinggi trafik dan kunjungan organik yang anda dapatkan, maka semakin tinggi pula potensi untuk meraih pendapatan atau penghasilan dari website atau blog yang anda kembangkan. Karena sudah jelas bahwa semakin besar persentase trafik dan kunjungan organik, maka akan lebih banyak peluang tindakan tambahan yang akan didapatkan oleh berbagai unit iklan AdSense di website yang dikunjungi oleh pengunjung organik.

Jadi, sudahkah website atau blog anda di dominasi trafik organik ??

Itulah penjelasan dari kami mengenai 3 cara mudah dan sederhana meningkatkan trafik organik yang berpotensi meningkatkan pendapatan AdSense. Kami harap artikel ini bisa memberikan tambahan manfaat, informasi, wawasan dan pengalaman untuk anda.

Akhir kata sebagai penutup perjumpaan kali ini kami ucapkan banyak terima kasih atas atensi dan kunjungan anda, sampai jumpa di kesempatan yang akan datang dengan artikel bermanfaat lainnya.