2/07/2017

4 Cara Meroketkan Viewability Iklan AdSense di Perangkat Bergerak

Ibu Sartika
Apa yang dimaksud dengan viewability dan bagaimana cara pengukurannya ? Dalam artikel kali ini kami akan mencoba menjawab mengenai hal tersebut sekaligus memberikan informasi berisi 4 cara untuk memaksimalkan viewability berbagai unit iklan AdSense di perangkat mobile, sehingga iklan tersebut lebih sering terlihat sekaligus memberikan lebih banyak penghasilan untuk anda.

Apa yang dimaksud dengan viewability ?

Sebagian besar para penayang iklan AdSense mengetahui bahwa unit-unit iklan AdSense itu diukur berdasarkan impresi, artinya ketika sebuah halaman dimuat dan iklan tersebut ada di halaman yang di load, maka iklan tersebut akan di hitung.
4 Cara Meroketkan Viewability Iklan AdSense di Perangkat Bergerak
Namun ada permasalahan yang berhubungan dengan impresi, yakni jika sebuah iklan AdSense berada di area paruh bawah halaman dan pengunjung tidak melakukan scroll ke area tersebut, maka iklan tersebut tidak memiliki kesempatan sedikit pun untuk di lihat serta di klik oleh pengunjung. Dan sudah jelas sekali bahwa iklan yang tidak terlihat itu tidak akan memberikan pengaruh sama sekali terhadap pendapatan para pengiklan maupun penghasilan para penayang iklan.

Kami harap anda memahami penjelasan yang kami paparkan dalam 2 paragraf di atas.

Ad Viewability sudah hadir. Media Rating Council dan IAB menjelaskan bahwa sebuah iklan akan dianggap sebagai iklan yang viewable ketika sekurang-kurangnya 50% dari iklan terlihat di area layar yang digunakan oleh pengunjung setidaknya satu detik atau lebih.

Pernyataan di atas memberikan gambaran kepada kita bahwa unit iklan yang ada di area above the fold (paruh atas) akan di anggap sebagai iklan yang viewable jika seorang pengunjung melihat iklan tersebut di layar minimal satu detik, tetapi unit iklan lain yang berada di bagian bawah tidak akan dihitung sebagai iklan yang viewable sebelum iklan tersebut terlihat ketika pengunjung melakukan scrolling ke bagian bawah halaman.

Untuk memahami hal tersebut, Google sudah menyediakan halaman demo interaktiv bagi anda supaya lebih mengerti tentang cara kerja viewability.

Kenapa Viewability Itu Penting?

Disadari atau tidak, secara ilmiah para pengiklan (terutama pengiklan AdWords) akan melakukan "penawaran lebih" untuk impresi yang viewable, alasannya karena mereka menganggap viewability akan memberikan mereka kesempatan lebih besar, sehingga pada akhirnya mereka lebih suka menarget para pengiklan AdSense yang fokus meningkatkan keterikatan dengan pengunjung website.

Para pengiklan yang cerdas akan memberikan perhatian lebih kepada berbagai iklan yang mereka bayar. Selain itu mereka juga akan selalu berusaha memastikan bahwa iklan-iklan yang mereka beli selalu memiliki kesempatan untuk di lihat oleh pengunjung.

Bagi kita sebagai penayang iklan AdSense, cara terbaik untuk melacak viewability adalah dengan memeriksa laporan Active View dengan cara login terlebih dahulu ke akun AdSense.

Active View akan menunjukkan kepada anda berapa besar persentase iklan-iklan yang viewable dari keseluruhan unit iklan yang dihitung. Jika 1 dari 2 unit iklan dikategorikan sebagai unit yang viewable, maka iklan tersebut memiliki rating sebesar 50%.

Viewability memiliki manfaat untuk pengiklan dan penayang iklan.

Untuk pengiklan, viewability bisa digunakan untuk mengidentifikasi inventori yang bernilai tinggi serta mana inventori yang bernilai rendah, dan dari identifikasi tersebut mereka bisa menentukan budget untuk memaksimalkan target dan ROI (Return of Investment). Dengan mempelajari inventori mana saja yang memiliki viewability tinggi, maka para pengiklan akan memiliki strategi marketing yang lebih baik.

Untuk penayang iklan AdSense, fokus kepada viewability akan meningkatkan nilai dari inventory untuk jangka panjang. Jika sebuah unit iklan jarang dilihat (memiliki viewability rendah), anda harus paham bahwa itu artinya pengunjung tidak melakukan scroll ke area dimana unit iklan ditayangkan, terlalu cepat melakukan scroll di area dimana iklan dipasang atau bisa disebabkan oleh ukuran dan format iklan yang harus diperbaiki.

Anda bisa mencari area paling cocok (atau setidaknya) mencari spot yang sering dikunjunjungi oleh pengunjung website anda, kemudian lakukan optimasi. Melakukan hal tersebut terbukti lebih baik daripada memasang unit iklan dengan porsi berlebihan, perlu di ingat bahwa terlalu banyak memasang unit iklan akan menggangu kenyamanan pengunjung serta menyebabkan kecepatan pemuatan halaman menjadi lebih lambat.

Bagaimana Cara Meningkatkan Impresi Iklan Yang Viewable di Perangkat Bergerak?

Dikarenakan nilai viewability bisa berubah, namun anda bisa menentukan acuan dengan menargetkan indeks viewability sebesar 50%, menurut Google itu sudah cukup baik.

Secara umum, semakin besar indeks viewability, itu bisa diartikan bahwa semakin banyak pengunjung yang melihat iklan-iklan di website anda, namun ada beberapa website yang memiliki indeks viewability hingga mencapai 100%.

Di perangkat bergerak yang jelas-jelas memiliki ukuran lebih kecil, anda sebagai penayang iklan AdSense harus mempertimbangkan dengan baik ukuran iklan mana saja yang memiliki potensi lebih besar untuk ditempatkan di berbagai halaman website.

Berikut ini 4 tips dari kami untuk memaksimalkan viewability iklan AdSense di perangkat bergerak.
  1. Ganti unit iklan berukuran 320x50 dengan ukuran 320x100, hal ini dikarenakan RPM akan meningkat ketika anda memasang unit iklan berjenis large mobile banner. Tempatkan unit iklan ini di area above the fold.
  2. Gunakan unit iklan berukuran 300x250 untuk meningkatkan kompetisi dan RPM. Unit iklan ini di desain supaya sesuai dengan ukuran layar perangkat bergerak. Selain itu juga unit iklan berukuran 300x250 lebih banyak dijadikan pilihan oleh para pengiklan. Penelitian yang dilakukan oleh tim Google AdSense menunjukkan bahwa iklan AdSense berukuran 300x250 yang ditempatkan di area below the fold akan menghasilkan rating viewability mencapai 50%, itu artinya akan membantu memaksimalkan impak dari space iklan.
  3. Cegah accidental clicks dengan memindahkan unit iklan setidaknya 150 pixel dari konten. Sementara anda meningkatkan viewability, anda juga harus meningkatkan pengalaman penggunaan serta mengurangi rating spam dengan memberikan ruangan kosong antara iklan dan konten. Ruangan sebesar 150 pixel adalah permulaan yang baik, uji dan tingkatkan unit iklan mana saja yang memberikan hasil terbaik untuk anda.
  4. Gunakan page-level ads yang didesain untuk perangkat bergerak. Untuk menyikapi perubahan trend akses internet yang semakin meningkat di perangkat bergerak, Google AdSense sudah meluncurkan dua jenis iklan baru, yakni anchor ads dan vignettes. Kedua jenis iklan tersebut di desain untuk meningkatkan viewability iklan di perangkat bergerak. Seperti namanya, Anchor ads didesain supaya tetap menempel di bagian bawah layar meskipun pengunjung melakukan scroll ke bagian bawah halaman. Dua jenis iklan tersebut sangat cepat dan mudah dihilangkan, selain itu keduanya didesain untuk meningkatkan RPM. Vignettes adalah iklan full-screen yang akan ditayangkan ketika pengunjung website berpindah dari halaman satu ke halaman yang lain. Iklan ini merupakan iklan pre-load yang akan langsung menampilkan iklan ketika seorang pengunjung meninggalkan sebuah halaman, para pengunjung juga tidak akan membutuhkan banyak waktu ketika iklan tersebut akan/sudah ditayangkan, dan tentunya iklan vignettes juga bisa ditutup secara mudah serta cepat oleh pengunjung. Iklan Adsense tipe Vignettes dipersiapkan untuk mendapatkan impresi dengan bayaran tinggi.

Kesimpulan Tentang Viewability

Viewability adalah 'sahabat' untuk para penayang iklan AdSense. Viewability akan membantu anda sebagai penayang iklan AdSense untuk memahami performa setiap unit iklan sehingga anda bisa meningkatkan strategi untuk memilih format dan penempatkan iklan yang lebih baik. Selain itu juga tentunya viewability ini akan membantu anda untuk meraih penghasilan AdSense dengan cara yang lebih pintar serta lebih elegan.

Viewability memang relatif sebuah hal baru dalam periklanan digital. Google memperkirakan bahwa kedepannya akan lebih banyak para pengiklan yang akan ambil bagian dalam pengindeksan akun sebagaimana mereka melakukan alokasi budget di masa depan.

Jika anda adalah seorang penayang iklan AdSense, akan menjadi sebuah ide yang baik untuk segera memulai menjadikan viewability sebagai strategi untuk menghadapi meningkatnya grafik para pengiklan yang menjadikan viewability sebagai salah satu faktor untuk meningkatkan kampanye mereka.

Itulah penjelasan dari kami mengenai cara meroketkan viewability iklan AdSense di perangkat mobile atau bergerak seperti smartphone dan tablet. Kami berharap artikel ini bisa memberikan anda tambahan informasi, manfaat, wawasan dan pengalaman yang baik.

Akhir kata kami mengucapkan banyak terima kasih atas atensi dan kunjungan anda, sampai jumpa di kesempatan yang akan datang dengan artikel lebih bermanfaat lainnya.