2/27/2017

5 Kebijakan AdSense Yang Harus Diketahui Setiap Blogger

Ibu Sartika
Anda mungkin merasa lelah mengajukan puluhan bahkan ratusan kali permohonan kepada Google dengan harapan diterima menjadI penayang iklan AdSense, namun nasib baik belum berpihak, lagi-lagi anda di sambut hangat oleh pesan elektronik berisi penolakan. Jika anda penasaran kenapa anda sulit diterima menjadi publisher AdSense, silahkan simak beberapa alasan kenapa anda sangat sulit disetujui untuk menjadi mitra penayang iklan AdSense.

Setelah anda mengetahui beberapa alasan kenapa anda sangat susah di approve menjadi penayang iklan AdSense, maka dalam kesempatan kali ini kami akan mengupas secara lebih dalam mengenai 5 kebijakan AdSense yang harus mendapatkan perhatian ekstra dari kita, terutama yang sudah diterima menjadi publisher AdSense.

Anda sudah berkeliling kesana kemari, anda merasa bosan, dan...anda juga merasa jenuh dengan berbagai aturan AdSense yang serba ketat dan terkadang di anggap tidak masuk akal oleh segelintir penayang iklan. Berbagai poin kebijakan nampak sangat identik, namun kami yakin jika anda ikhlas meluangkan waktu selama beberapa menit, maka anda akan mengetahui bahwa sesungguhnya aturan dan kebijakan AdSense tersebut sangat sederhana dan mudah sekali dipahami.
5 Kebijakan AdSense Yang Harus Diketahui Setiap Blogger
Perlu diketahui bahwa jika kita senantiasa mematuhi kebijakan AdSense, maka kita akan mendapatkan ketenangan dan kenyamanan dibandingkan dengan rekan-rekan yang lain yang mengabaikan kebijakan serta aturan tersebut. Sebab walau bagaimanapun sikap patuh terhadap aturan tersebut akan membuat kita bisa merasa segar dan nyaman bangun di pagi hari ketika mengetahui bahwa akun AdSense kita masih diberikan kesempatan untuk menayangkan iklan sekaligus memberikan kita penghasilan.

Berikut ini adalah 5 kebijakan AdSense yang wajib dan harus diketahui oleh setiap blogger yang menginginkan akun AdSense-nya berada dalam suasana aman, damai dan sentosa serta sejahtera :

1. Website Anda Harus Menyertakan Kebijakan Privasi

Jika saat ini anda sedang mengajukan permohonan untuk menjadi penayang (publisher) AdSense, maka website atau blog anda harus menyertakan kebijakan privasi.

Jangan pernah menganggap remeh privacy policy, sebab poin ini memiliki peranan sangat besar untuk beberapa pihak, selain itu didalamnya pula memuat informasi yang sangat berkaitan erat dengan hukum dan privasi.
5 Kebijakan AdSense Yang Harus Diketahui Setiap Blogger
Membuat kebijakan privasi merupakan sebuah hal yang mudah dan tidak memakan banyak waktu. Sediakan pengunjung website anda informasi tentang kebijakan privasi, sebab hal ini tidak bisa di tawar lagi jika anda sedang mengajukan permohonan maupun sudah menjadi penayang iklan AdSense.

Google secara jelas menjelaskan tentang hal ini, maksudnya adalah setiap website yang akan dan sedang menayangkan iklan AdSense harus menyertakan kebijakan privasi.

Privacy Policy adalah sebuah keharusan jika anda ingin meminimalisir sanksi dan hukuman atas kebijakan program AdSense.

2. Invalid Clicks (Klik Tidak Sah)

Anda bisa terkena sanksi jika website yang anda kelola tidak menyertakan kebijakan privasi. Selain itu hal yang tidak kalah pentingnya adalah banyak sekali penayang iklan AdSense yang terkena sanksi karena dinyatakan melakukan pelanggaran berupa invalid clicks (klik tidak sah). Jika anda belum benar-benar memahami tentang invalid clicks, silahkan simak pengertian invalid clicks yang sudah kami bahas beberapa waktu sebelumnya.
5 Kebijakan AdSense Yang Harus Diketahui Setiap Blogger
Invalid clicks bisa terjadi karena beberapa hal berikut ini :
  • Software Otomatis, penayang iklan yang membuat dan menggunakan software otomatis dengan tujuan untuk mendapatkan penghasilan dari AdSense dengan cara merugikan pihak advertisers (para pengiklan) tidak akan mendapatkan tempat sekaligus tidak akan bertahan lama di dalam komunitas AdSense yang mengutamakan keamanan.
  • Bots, yang ini tidak begitu jauh berbeda dengan poin pertama. Jenis skrip atau aplikasi yang bisa melakukan klik secara otomatis terhadap berbagai unit iklan AdSense harus anda hindari. Selain itu jangan pernah tergoda untuk membeli dan menggunakan aplikasi tersebut dari pihak yang mengklaim bahwa mereka bisa membuat anda kaya mendadak dari AdSense.
  • Anda, percaya atau tidak...anda sebagai penayang iklan AdSense baik secara sengaja maupun tidak sengaja pasti akan dan pernah melakukan invalid clicks. Maka dari itu untuk memastikan anda tidak melakukan kesalahan yang sama, usahakanlah untuk tidak terlalu sering mengunjungi website anda sendiri, selain itu jangan pernah meng-klik iklan AdSense apapun di website yang anda kelola meskipun anda merasa sangat tertarik.
  • Sahabat/Teman dan Grup Online Seperti di Sosial Media, salah satu cara yang terbukti ampuh dan cepat yang menyebabkan akun AdSense terkena sanksi adalah sahabat anda, baik di dunia nyata maupun di dunia maya, baik yang anda kenal maupun tidak anda kenal sama sekali. Saat ini perkembangan sosial media sangat memungkinkan anda untuk berinteraksi dengan orang asing. Sebelum anda membagikan konten website ke grup-grup di sosial media atau forum, pastikan bahwa anda melihat terlebih dahulu siapa yang akan mengkonsomsi konten yang anda bagikan tersebut.
  • Klik Rekayasa Lainnya, tak jarang dalam beberapa kasus kami menemukan ada rekan-rekan publisher AdSense yang terkena sanksi permanen dikarenakan ada seseorang atau sekelompok orang gila yang sengaja menargetkan iklan AdSense website anda sebagai sasaran empuk untuk sekedar menguji atau memang karena didasari oleh tujuan negatif supaya akun AdSense anda terkena sanksi. Jika anda mengalami permasalahan seperti ini, segera kumpulkan setiap bukti untuk memperkuat pengajuan banding ketika anda melakukan banding ke pihak Google AdSense.

3. Menipu atau Memperdaya Pembaca atau Pengunjung Website Supaya Mengklik Iklan

Penyebab lain yang bisa menyebabkan seorang blogger terkena sanksi ringan maupun berat adalah menipu atau memperdaya para pengunjung website supaya mengklik iklan AdSense.

Sebagai penayang iklan, tugas anda bukan memperdaya atau menipu pengunjung website anda, namun justru harus menuntun dan memberikan mereka informasi yang bermanfaat sehingga keperluan atau kebutuhan mereka bisa terpenuhi. Selain itu rajin melakukan pembaruan terhadap konten secara berkala akan membuat citra website anda semakin baik di mata para pengunjung.
5 Kebijakan AdSense Yang Harus Diketahui Setiap Blogger
Image source : John.do

Jangan pernah melakukan penipuan atau memperdayai pengunjung, karena Google akan mengetahuinya.

Hal lain yang harus anda perhatikan adalah harus bisa memberikan ruangan yang cukup untuk berbagai unit iklan AdSense sehingga pengunjung bisa membedakan antara iklan dan konten. Meminimalisir invalid clicks bisa dilakukan dengan memberi jarak yang cukup, dan itu sangat baik bagi anda untuk mendapatkan penghasilan jangka panjang.

4. Mengumbar Data AdSense

Jika anda menengok salah satu potongan kalimat dalam kebijakan AdSense, maka anda akan menemukan kalimat ini:
You agree not to disclosure Google Confidential Information without Google's prior written consent.
Kami menggaris bawahi kalimat Google Confidential Information, kalimat tersebut meliputi beberapa hal berikut ini :
  • Semua produk Google, teknologi, pemrogramman, spesifikasi, materi, panduan dan dokumentasi yang berhubungan dengan AdSense
  • Click Through Rate dan statistik lainnya yang berhubungan dengan kemajuan properti dalam program yang anda ikuti dan diberikan oleh Google
  • Informasi apapun yang didesain dan ditulis oleh Google sebagai sesuatu yang rahasia.
Bagaimanapun, anda jangan sembarangan dan harus bisa mengontrol informasi apa saja yang boleh di umbar dan yang tidak boleh di umbar yang berhubungan dengan pembayaran AdSense.

5. Membeli Trafik Dari Pihak Ketiga

Poin terakhir yang termasuk dalam kebijakan program AdSense adalah pemberian sanksi terhadap website dan pemilik akun AdSense yang membeli trafik dari pihak ketiga. Jika anda ingin meningkatkan trafik website atau blog, akan lebih baik jika anda melakukan penelitian dan pembelajaran hingga benar-benar memahami cara yang baik dan legal serta tidak membawa akun AdSense anda terhadap resiko besar.
5 Kebijakan AdSense Yang Harus Diketahui Setiap Blogger
Berikut ini hal-hal yang tidak boleh dilakukan dan dijamin akan membuat Google memberikan sanksi terhadap akun AdSense anda :
  1. Menggunakan layanan pihak ketiga untuk memperoleh klik terhadap iklan seperti paid to click, paid to surf, autosurf dan program pertukaran klik.
  2. Promosi membabi buta melalui email atau periklanan yang dilarang di website pihak ketiga.
  3. Menampilkan iklan Google, kotak pencarian atau hasil pencarian di dalam aplikasi seperti toolbar yang ada di browser.
  4. Menyisipkan iklan ke dalam software kemudian menampilkan dalam bentuk pop-up, mengarahkan pengguna ke website yang tidak mereka inginkan dan memodifikasi pengaturan browser.
  5. Menerima trafik dari periklanan online hingga menyebabkan pelanggaran dengan panduan kualitas halaman website.
Hindari membeli trafik dari pihak ketiga, usahakan website atau blog anda dikunjungi dari mesin pencari, karena trafik organik itu sangat hebat sekali manfaat dan hasilnya.

Itulah informasi dari kami mengenai 5 kebijakan program AdSense yang harus dan wajib diketahui oleh setiap publisher AdSense. Kami berharap artikel ini bisa memberikan tambahan informasi, wawasan, manfaat, pengalaman dan pengetahuan bagi kita semua. Amin.

Akhir kata sebagai penutup perjumpaan kali ini kami ucapkan banyak terima kasih atas atensi dan kunjungan anda, sampai jumpa di kesempatan yang akan datang dengan artikel bermanfaat lainnya.