2/28/2017

Cara Menghitung Potensi Pendapatan Dari Sebuah Kata Kunci

Ibu Sartika
Seperti yang kita ketahui bersama bahwa potensi untuk mendapatkan penghasilan berupa uang dari Google AdSense adalah sebuah kenyataan yang tidak bisa di bantah. Namun anda jangan sampai merasa dibohongi ketika mengetahui bahwa untuk mendapatkan uang dari AdSense itu membutuhkan waktu dan kerja keras yang relatif tidak sedikit.

Anda akan melakukan banyak trial dan error, sebab untuk meraih penghasilan dari AdSense tidak membutuhkan tongkat ataupun mantra ajaib, dan satu lagi,.. anda membutuhkan mental baja serta sikap pantang menyerah untuk mewujudkannya.

Lantas, tindakan apa saja yang dibutuhkan supaya kita bisa mendapatkan penghasilan dari Google AdSense? Jawabannya adalah melakukan salah satu cara terbaik, yakni memahami dan melakukan cara yang benar serta potensial dengan melakukan beberapa penilitian dalam hal riset kata kunci menggunakan berbagai tool yang bertebaran di berbagai website.
Cara Menghitung Potensi Pendapatan Dari Sebuah Kata Kunci
Untuk membantu anda memahami bagaimana Google menangani SERP serta kaitannya dengan klik yang dilakukan oleh calon pengunjung, silahkan simak terlebih dahulu gambar dibawah ini :
Cara Menghitung Potensi Pendapatan Dari Sebuah Kata Kunci
Di urutan 3 besar halaman hasil pencarian Google tersebut memberikan gambaran kepada kita bahwa ketiga website atau blog tersebut memiliki rasio klik mendekati 80%. Dalam arti lain, 80% waktu yang digunakan oleh para pencari informasi akan lebih dominan digunakan untuk mengunjungi ketiga website tersebut.

Penelitian tersebut dilakukan oleh Universitas Cornell, dan hasilnya sangat sesuai dengan kondisi yang berlaku saat ini.

Kondisi demikian merupakan sebuah keadaan yang patut mendapatkan perhatian spesial dari anda, sebab secara tidak langsung anda berkompetisi untuk sebuah atau beberapa kata kunci yang akan membantu ranking website/blog berada di urutan 3 besar halaman pertama hasil pencarian.

Jika blog atau website yang anda kelola berada di dalam posisi seperti itu, maka halaman website atau blog yang memiliki kata kunci tersebut memiliki kekuatan, authority dan potensi yang patut dijadikan sebagai referensi di masa depan. Selain itu hasil dalam gambar di atas bisa memberikan anda alasan kuat untuk menjadikan blog atau website anda sebagai sumber penghasilan dari AdSense.

Permasalahan Seputar Volume Pencarian

Dari gambar di atas, kita bisa menghitung potensi kunjungan dan trafik organik setiap bulannya. Volume pencarian sebesar 52.000 tersebut akan memberikan peluang (lebih tepatnya potensi) untuk untuk website kita untuk meraih kunjungan sebesar 41.600 kunjungan trafik organik setiap bulan (hasil didapat setelah mengkalikannya dengan 80%).

Jika anda menggunakan tools riset keyword, cobalah untuk memperhatikan terlebih dahulu volume pencarian per bulannya. Jika hasil riset untuk keyword yang anda bidik memiliki nilai 100.000 per bulan, kemudian website anda berada dalam urutan 3 besar di halaman pertama, itu artinya website atau blog anda berpotensi mendapatkan 80.000 kunjungan unik setiap bulan.

Tetapi jangan senang dulu, itu hanyalah perhitungan yang seringkali dilakukan oleh blogger pemula. Jangan sampai terjebak dengan perhitungan yang salah kaprah seperti itu.

Cobalah untuk melakukan riset kata kunci dengan tool riset yang anda miliki, kemudian lihat volume pencarian minimal untuk 1 bulan terakhir. Setelah mengetahui volume pencarian tersebut, segera ketahui nilai sebenarnya dengan mengetikkan secara langsung kata kunci tersebut di mesin pencari.

Jika hasilnya sama atau tidak ada perbedaan yang terlalu signifikan, maka anda boleh membuat konten yang mengambil referensi dari kata kunci tersebut, itulah yang dilakukan oleh blogger profesional sebagai langkah paling awal ketika mengukur volume pencarian untuk kata kunci yang mereka bidik. Tapi tunggu dulu, silahkan simak penjelasan lebih lanjut di bawah ini !!

Selanjutnya adalah melihat nilai finansial dari keyword yang anda pilih. Di tahap pertama anda sudah memilih kata kunci, sebelum membuat konten, lihat dulu perkiraan CPC dari keyword tersebut.

Pastikan bahwa anda membidik keyword dengan CPC yang sesuai dengan target anda, jangan terlalu tinggi, sebab akan terjadi persaingan yang tinggi pula, selain itu CPC tinggi akan banyak dihindari oleh para pengiklan, tetaplah berada di dalam lingkup target anda.

Dan ingat, target anda harus fleksibel jika kata kunci yang anda target tidak berkaitan dengan CPC dan volume pencarian. Ingat bahwa pengiklan itu beriklan dengan budget yang sudah direncanakan dengan baik, dan satu hal yang pasti mereka sangat mengedepankan prinsip ekonomi. Kita pun harus begitu.

Anda bisa menggunakan tools di internet yang memberikan informasi rinci termasuk CPC di beberapa website yang menyediakan layanan riset keyword secara terbatas.

Potensi Pendapatan Yang Sesungguhnya

Anda sudah benar-benar mendapatkan kata kunci yang potensial, selain itu anda juga sudah mempublikasikan konten yang 'mengandung' kata kunci potensial tersebut. Lalu bagaimana caranya menghitung potensi pendapatan yang sesungguhnya? Jawabannya adalah ditentukan oleh CTR.

Beberapa website dan blog bisa mendapatkan CTR yang tinggi hingga mencapai 15%, sementara yang lainnya tidak memiliki rate CTR sama sekali alias 0%. Cobalah untuk membuat konten dengan keyword yang anda bidik, kemudian analisa halaman berisi konten tersebut menggunakan Google Analytic, sebagai tahap awal,...cobalah untuk menargetkan CTR sebesar 2% hingga 5%.

Kebanyakan dari blogger tidak akan mendapatkan CTR melebihi 2%, tetapi itu lebih baik daripada CTR dengan nilai 0%. Sebab CTR yang berkisar dari 2-5% pun akan bisa memberikan penghasilan dari blog dan website yang di monetisasi.

Sebagai contoh, kita asumsikan bahwa website atau blog kita memiliki total CTR mencapai 20% dari keseluruhan CPC, maka penghitungannya adalah :

Potensi Pendapatan = Volume Pencarian x 0.5 x CPC x 0.2 CPC x 0.02 CTR

Begitulah cara menghitung potensi pendapatan dari sebuah kata kunci. Kami harap anda bisa memahami informasi yang kami sajikan dalam artikel kali ini sehingga anda (dan tentunya kami) bisa sama-sama mendapatkan tambahan manfaat, wawasan, pengetahuan dan pengalaman yang lebih baik untuk menunjang cita-cita meraih pendapatan dari Google AdSense untuk jangka panjang.

Sebagai penutup perjumpaan kali ini kami ucapkan banyak terima kasih atas atensi dan kunjungan anda, sampai jumpa di kesempatan yang akan datang dengan artikel bermanfaat lainnya.