2/01/2017

Hal-Hal Yang Diperbolehkan dan Dilarang Untuk Meningkatkan CPC

Ibu Sartika
Dalam artikel sebelumnya kami sudah membahas sekaligus menjelaskan mengenai pengertian RPM beserta dampaknya terhadap pendapatan AdSense serta bagaimana RPM dipengaruhi oleh aktivitas yang dilakukan oleh pengunjung ketika mereka berkunjung ke website anda.

Dalam artikel kali ini kami akan membahas secara lebih detail mengenai hal tersebut sekaligus membagikan beberapa strategi yang memiliki potensi untuk meningkatkan cost per click (CPC) berbagai unit iklan yang anda pasang di website anda.

Meskipun kami tidak bisa mengukur secara pasti mengenai baik dan buruknya CPC, namun ada beberapa hal yang bisa anda lakukan (sekaligus harus anda hindari) ketika anda mencoba untuk meningkatkan CPC iklan yang ada di situs milik anda.
Hal-hal yang dilarang dan diperbolehkan untuk meningkatkan CPC iklan AdSense
Berikut ini adalah penjelasan lebih rinci mengenai hal-hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan untuk meningkatkan CPC.

Hal-Hal Yang Boleh Dilakukan Untuk Meningkatkan CPC

1. Pastikan unit iklan mendukung iklan berformat teks dan gambar atau rich media

Dengan meningkatkan jumlah persaingan di antara para pengiklan AdWords untuk setiap unit iklan, maka para pengiklan yang terlibat dalam lelang iklan akan memastikan secara selektif bahwa hanya iklan yang memiliki nilai bayaran tinggi yang akan mengisi slot iklan di website anda.

2. Yakinkan bahwa anda memberlakukan penyaringan iklan secara bijaksana

Maksud dari poin kedua ini adalah mengingatkan anda supaya tidak mengurangi potensi meraih pendapatan dengan memblokir iklan yang memiliki bayaran sangat tinggi. Silahkan luangkan waktu sejenak untuk mempelajari tahapan yang terjadi sebelum iklan ditampilkan di website anda.

3. Tingkatkan jumlah iklan untuk meningkatkan kompetisi

Dengan jumlah iklan yang lebih banyak, maka di sana akan terjadi kompetisi yang lebih ketat. Anda bisa membuat custom channel (kanal khusus) untuk penempatan iklan yang lebih tertarget.

4. Iklan dengan nilai bayaran tertinggi akan ditampilkan di dalam slot iklan yang terlihat pertama kali di dalam kode HTML

Untuk mengambil keuntungan dari keadaan ini, anda perlu memahami unit iklan mana saja yang memiliki CTR tertinggi dengan melihatnya dari custom channel yang anda buat di langkah ke-3.

Selanjutnya anda bisa dengan mudah mengubah kode HTML website anda untuk memastikan bahwa unit iklan dengan performa terbaik merupakan salah satu unit iklan yang memiliki tingkat penawaran tertinggi berada di area paruh atas (above the fold) ketika halaman website anda dikunjungi.

Hal-Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Untuk Meningkatkan CPC

Beberapa penayang iklan percaya bahwa dengan menulis artikel yang mengandung high paying keyword (keyword dengan bayaran tinggi) akan membuat mereka bisa meningkatkan pendapatan dari website yang di pasang berbagai iklan AdSense.

Tindakan seperti itu tidak disarankan oleh Google. Kenapa? Karena faktanya Google hanya merekomendasikan anda untuk menulis hal-hal yang anda ketahui dengan baik serta anda memiliki passion atau ketertarikan atau minat terhadap apa yang anda tulis. Hal tersebut ditujukan agar anda bisa terus membuat konten yang bermanfaat, original dan bermutu.

Menulis artikel dengan "membidik" high paying keyword secara berlebihan merupakan sebuah tindakan yang melanggar kebijakan program AdSense.

Jangan menulis konten hasil scrapping, tindakan seperti ini sangat jelas melanggar kebijakan dan ketentuan Google AdSense.

Jangan membuat akun AdSense ganda. Para penayang iklan tidak diperkenankan (tidak diizinkan) untuk membuat beberapa akun AdSense berbeda dengan nama yang sama, selain itu juga sebuah website yang sama di larang menampilkan iklan dengan kode penayang yang berbeda, sebab melakukan hal tersebut tidak akan berefek sama sekali terhadap CPC.

Dan yang terakhir adalah jangan pernah sekalipun memanipulasi kebiasaan, terlalu menargetkan atau menghantarkan iklan dengan berbagai cara yang jelas-jelas tidak diizinkan oleh Google. Jika anda merasa ragu terhadap tindakan yang berhubungan dengan AdSense, silahkan pelajari terlebih dahulu tentang kebijakan program AdSense.

Itulah artikel dari kami yang membahas mengenai hal-hal apa saja yang diperbolehkan serta dilarang untuk meningkatkan CPC anda. Kami berharap artikel ini bisa membantu anda mendapatkan tambahan informasi, manfaat dan pengetahuan serta wawasan dalam rangka memaksimalkan CPC.

Akhir kata kami ucapkan banyak terima kasih atas atensi dan kunjungan anda, sampai jumpa di kesempatan yang akan datang dengan artikel bermanfaat lainnya.