2/05/2017

Kenapa Saya Sangat Susah Diterima Menjadi Penayang Iklan AdSense?

Ibu Sartika
Mengajukan permintaan menjadi penayang iklan AdSense merupakan salah satu hal yang seringkali di anggap sebagai momok yang menakutkan oleh sebagian besar blogger di Indonesia.

Ada yang terus berusaha dan tidak menyerah, namun ada pula yang tidak kuat kemudian terjerumus dengan teknik monetisasi yang tidak mereka sukai sekaligus seringkali memaksa pengunjung website.

Apa yang sebenarnya membuat anda dan sahabat-sahabat kita di luar sana sangat susah diterima menjadi penayang iklan AdSense? Mari simak bersama pembahasannya bersama kami, semoga informasi yang kami lansir dari para ahli dari tim Google AdSense ini bermanfaat untuk kita semuanya. Amin

Sebelum mengajukan permintaan atau "lamaran" kepada Google, anda harus memahami beberapa hal dasar yang berkaitan dengan AdSense itu sendiri. Sebab anda tidak bisa serta merta bisa mengajukan lamaran jika tidak punya "sesuatu" untuk dipertimbangkan oleh tim Google AdSense.
Kenapa Saya Sangat Susah Diterima Menjadi Penayang Iklan AdSense?
Selain itu anda juga membutuhkan kesabaran, sebab untuk diterima menjadi penayang iklan AdSense itu kenyataannya akan menuntut anda menjadi blogger yang sabar.

Mengajukan permintaan menjadi penayang iklan AdSense memang mudah, namun ketika sedang dalam masa review seorang blogger seringkali menganggap berada dalam kondisi yang terjebak dalam ketidakpastian dikarenakan mendapatkan surat elektronik (email) berisi pemberitahuan penolakan yang isinya menimbulkan tanda tanya besar serta sulit dipahami.

Tapi kondisi seperti itu sebenarnya bukan sebuah hal rumit jika anda bisa menggunakan nalar dan kreatifitas anda.

Untuk membantu meyakinkan diri anda supaya diterima menjadi penayang iklan (publisher) AdSense dengan cukup mengajukan satu kali pengajuan, tanyalah diri anda terlebih dahulu dengan menjawab beberapa pertanyaan di bawah ini.

Apa Yang Anda Punya dan Butuhkan Sebelum Mengajukan Permintaan Sebagai Penayang Iklan AdSense ?

1. Harus Memiliki Website Yang Sudah Dipublikasikan

Untuk menayangkan iklan Google AdSense, anda membutuhkan akses administratif terhadap website yang anda ajukan supaya bisa menempatkan kode iklan dalam bentuk JavaScript di website anda.
Kenapa Saya Sangat Susah Diterima Menjadi Penayang Iklan AdSense?
Menambahkan kode Google ke dalam kode sumber website akan membuat situs tersebut bisa menayangkan iklan, kotak pencarian dan berbagai unit perujuk di berbagai halaman website.

Jika anda tidak memiliki sebuah website, itu artinya anda tidak bisa berpartisipasi dalam program AdSense. Namun untuk membantu anda, Google sudah memberikan beberapa pilihan yang akan memudahkan anda membuat website secara mudah.

Pertama, buatlah sebuah blog di Blogger. Layanan blogging gratis dari Google ini akan membantu anda membuat, mengatur, mempublikasikan ide, pengalaman dan wawasan anda secara online.

Anda bisa melakukan kustomisasi terhadap template blog secara mudah tanpa harus mengeluarkan biaya untuk membeli domain serta hosting. Selain itu anda juga bisa langsung mengatur iklan AdSense secara gampang dari menu pengaturan tata letak yang disediakan oleh Blogger.

2. Nama Penerima Pembayaran Yang Jelas dan Sah

Penghasilan yang didapatkan dari iklan AdSense akan dibayarkan kepada pihak (orang) yang namanya tertera di dashboard akun AdSense.

Identitas penerima pembayaran tersebut meliputi :

Nama lengkap sesuai dengan kartu identitas yang dilegalkan oleh pemerintah, misalnya KTP, Passport dan SIM (khusus untuk AdSense perorangan). Pastikan bahwa identitas penerima sesuai dengan rekening bank supaya anda bisa melakukan withdraw secara lancar.

3. Alamat Yang Jelas, Sah dan Pasti

Google meminta anda memasukkan alamat yang jelas, sah dan pasti dengan tujuan supaya mereka bisa memverifikasi bahwa anda benar-benar "ada" (bukan orang dengan alamat yang sama-sama tidak jelas).
Kenapa Saya Sangat Susah Diterima Menjadi Penayang Iklan AdSense?
Selain itu alamat ini dimaksudkan untuk membantu mempermudah pengiriman cek (jika anda memilih opsi pembayaran melalui cek).

Khusus untuk kita yang berada di Indonesia, pastikan bahwa alamat tersebut sudah benar-benar sesuai dengan kartu identitas yang kita miliki sekaligus kita jadikan sebagai referensi ketika mengajukan permintaan sebagai penayang iklan Google AdSense.

4. Pastikan Website Anda Memenuhi Berbagai Syarat Yang Diperlukan

Apa saja yang dibutuhkan dari website yang kita ajukan sebagai syarat mengajukan permintaan sebagai penayang iklan AdSense ?
  1. Valid URL (alamat website yang jelas). Jika anda memanajemen website anda secara pribadi, tuliskan/berikan/kirimkan alamat URL utama website anda, jangan subdomain atau url ke artikel, namun URL homepage.
  2. Sudah benar-benar dipublikasikan. Perlu di ingat bahwa Google tidak akan bisa melakukan review terhadap website yang belum benar-benar dipublikasikan.

    Kami melihat bahwa situasi ini bisa diartikan sebagai sebuah kondisi dimana website anda suda memiliki trafik kunjungan yang konsisten, mempublikasikan konten secara teratur, dan yang pasti website tidak sedang dalam masa pembuatan dan perbaikan.

    Jadi jika anda masih dalam tahapan membangun website, mengubah-ngubah template dan tata letak,...sebaiknya anda jangan dulu mengajukan permintaan sebagai penayang iklan AdSense.
  3. Memiliki konten unik. Google ingin pengunjung website anda sebagai calon penayang iklan AdSense yang tergabung dalam jaringan AdSense selalu tetap mendapatkan pengalaman dan manfaat yang positif, maka dari itu publikasikanlah konten unik yang akan sekaligus bisa menarik perhatian serta minat para pengunjung.

    Hindari mempublikasikan halaman website dengan teknik "jalan belakang" yang hanya dibuat untuk mesin pencari. Jika anda mengikuti program affiliasi, berikan alasan kepada para pengunjung yang berkunjung ke website anda.
  4. Mendukung bahasa yang didukung oleh Google. AdSense adalah program periklanan yang menyajikan iklan secara tertarget dan relevan yang akan menyesuaikan dengan konten website, termasuk bahasa.

    Jadi sebelum anda mengajukan permintaan sebagai penayang iklan AdSense, pastikan bahwa anda mempublikasikan website dengan bahasa yang sudah didukung oleh Google. Dan alhamdulillah bahwa Bahasa Indonesia sudah di dukung, jadi kita tidak usah khawatir tidak bisa mengajukan lamaran.
  5. Tidak mengikuti program Pay-To Sites. Jika website anda ikut serta dalam program yang membayar seseorang untuk sejumlah trafik, maka Google tidak akan menyetujui permintaan sebagai penayang iklan AdSense. Sebagai tambahan, anda tidak boleh mengajak orang lain, baik dalam bentuk sisipan, link atau bentuk pihak ketiga lainnya di website anda.
Itulah penjelasan yang bisa kami jelaskan untuk menjawab pertanyaan "Kenapa saya sangat sulit disetujui sebagai penayang iklan AdSense?".

Kami berharap artikel ini bisa memberikan anda tambahan informasi, wawasan dan manfaat dalam rangka mendukung niat dan usaha serta bisa membantu mempermudah anda menjadi penayang iklan AdSense.

Akhir kata kami ucapkan terima kasih atas atensi dan kunjungan anda, sampai jumpa di kesempatan yang akan datang dengan artikel yang lebih kredibel lainnya.