2/28/2017

Persentase Kunjungan Organik Untuk Menunjang Penghasilan AdSense

Ibu Sartika
Kami menerima cukup banyak email yang menanyakan "Berapa sih persentase trafik dan kunjungan organik yang dibutuhkan oleh sebuah website atau blog supaya bisa konsisten mendapatkan penghasilan dari Google AdSense?".

Sebuah pertanyaan yang benar-benar sangat menarik.

Pertama, kami ingin menekankan bahwa penghasilan dari AdSense itu tidak fix (tidak tetap). Untuk mengetahui alasan beserta cara meminimalisir penghasilan supaya tidak berubah terlalu signifikan, silahkan simak artikel kami yang membahas mengenai 4 strategi untuk mengatasi pendapatan AdSense yang berfluktuasi.

Kedua, persentase kunjungan dan trafik organik yang tinggi tidak selalu menjamin anda akan meraih penghasilan yang tinggi pula, sebab masih ada hal lain yang menentukan rate CPC iklan AdSense seperti tata letak iklan, pemilihan kata kunci, kualitas konten dan tata letak website itu sendiri.

Jika anda ingin mencoba meningkatkan pendapatan dari AdSense, cobalah untuk fokus memilih keyword yang memiliki nilai finansial di atas rata-rata.

Jadi kesimpulannya persentase trafik dan kunjungan organik itu tidak akan selalu memberikan garansi bagi anda untuk meraih pendapatan dengan nilai yang sama di setiap periode.

Dalam artikel sebelumnya kami sudah membahas mengenai 3 strategi meningkatkan trafik dan kunjungan organik yang secara de facto terbukti bisa menghasilkan CTR lebih tinggi terhadap berbagai unit iklan AdSense jika dibandingkan dengan trafik langsung (direct traffic) dan referral traffic (trafik rujukan).

Maksud dari paragraf sebelumnya adalah, dalam kasus yang alamiah, jika anda mencoba meningkatkan pendapatkan dari AdSense, maka anda perlu fokus mengembangkan blog dengan konten yang bermanfaat dan bermutu tinggi sehingga bisa bersaing di mesin pencari.

Namun untuk melakukan hal tersebut anda akan menemui banyak kendala, terutama jika anda terlalu berkonsentrasi terhadap trafik yang didasari oleh SEO, karena pengaplikasian SEO tidak selalu berhasil untuk setiap konten yang anda publikasikan.

Hal tersebut bisa terjadi karena para pembuat mesin pencari seperti Google terus mengembangkan dan mengubah formula serta algoritma. Dan pada akhirnya kondisi seperti itu akan membuat blog anda tetap tidak bisa dilepaskan dari kunjungan yang bersumber dari trafik non organik.
Persentase Kunjungan Organik Untuk Menunjang Penghasilan AdSense
Jika anda pernah melakukan pengujian, anda pastinya akan menemukan bahwa tidak ada yang bisa dijadikan patokan paling pasti ketika anda mengkombinasikan antara trafik organik, trafik langsung dan trafik perujuk ketika disangkutpautkan dengan pendapatan. Tapi sebagai blogger dan penayang iklan AdSense yang baik, tetap fokus membuat konten yang bermanfaat untuk para pengguna internet akan tetap menjadi metode paling baik untuk jangka panjang.

Banyak para pengelola website atau blog yang memiliki persentase kunjungan organik minimal 80%, dan mereka bisa mendapatkan penghasilan yang cukup setiap bulannya. Tetapi bagaimana jika Google dan para pembuat mesin pencari mengubah algoritma mereka? Tentu anda akan memilih alternatif lain dengan mencari trafik dari sumber alternatif. Tapi pastikan bahwa anda tidak membuat tebak-tebakan terhadap sumber trafik alternatif tersebut, artinya jadikan sumber trafik 'sampingan' tersebut sebagai sampingan. Yang harus anda lakukan adalah membuat konten yang bermanfaat, memiliki trafik pencarian tinggi dan tingkat kompetisi yang menurut anda masih sanggup dihadapi oleh kemampuan, pengalaman dan pengetahuan blogging yang anda miliki.

Kesimpulannya adalah membedakan dan memisahkan serta memanajemen sumber trafik yang berbeda merupakan sebuah tindakan yang bijaksana.

Tetap seimbangkan trafik kunjungan dengan aktif di sosial media kemudian bagikan konten yang benar-benar bermanfaat secara tepat sasaran, tepat waktu dan tepat guna. Dengan begitu anda tidak kehilangan sebagian besar trafik ketika algoritma dan formula mesin pencari sedang mengalami 'pubertas'.

Namun semuanya kembali kepada diri kita masing-masing. Karena yang paling mengetahui yang terbaik untuk diri kita adalah diri kita sendiri. Right ?

Itulah penjelasan dari kami mengenai jumlah atau persentase trafik dan kunjungan organik yang dibutuhkan untuk mendukung penghasilan AdSense. Kami harap artikel ini bisa memberikan tambahan manfaat, wawasan, pengalaman dan informasi untuk kita semua.

Akhir kata kami ucapkan terima kasih atas atensi dan kunjungan anda, sampai jumpa di kesempatan yang akan datang dengan artikel informatif lainnya.

Terima gaji !!