2/20/2017

Tips Menjaga Situs dan Iklan AdSense Tetap Steril Dari User Generated Content

Ibu Sartika
Saat ini berbagai blog serta website tidak bisa dipisahkan dari user generated content, bentuknya dimulai dari komentar di bagian akhir artikel hingga foto dan video yang dibagikan di sosial media.

Dan bukan sebuah hal yang aneh bahwa diluar sana banyak sekali penayang iklan AdSense yang memonetisasi konten seperti itu dengan berbagai iklan AdSense.

Tetapi, kita sebagai publisher AdSense tentunya harus bisa memahami sekaligus harus tetap bisa mempublikasikan konten yang mematuhi kebijakan, tapi bagi mereka (para pengunjung) tentunya tidak memahami bahwa komentar maupun konten lain yang mereka kontribusikan belum tentu mematuhi kebijakan AdSense.
Tips Menjaga Situs dan Iklan AdSense Tetap Steril Dari User Generated Content
Kita (publisher) memahami bahwa bukan sebuah hal yang mudah untuk melakukan pemantauan terhadap ratusan komentar, artikel, profil pengguna, video serta foto setiap harinya, dan dalam kesempatan kali ini kami akan membagikan beberapa ide mengenai cara untuk menjaga ekosistem website atau blog yang kita kelola supaya tetap mematuhi kebijakan program AdSense.

Sebagai pengingat, kami akan mengarahkan anda kepada tips supaya anda bisa mengingat bahwa berbagai konten yang di generated tersebut bisa disebabkan oleh berbagai postingan seperti gambar, komentar, tautan dan sebagainya. Sebagai contoh, konten dewasa tidak hanya terbatas kepada gambar po*no saja, namun juga bisa mencakup kepada postingan forum atau komentar spam bot yang disertai berbagai tautan ke situs dewasa, yang mana user generated contents seperti itu tidak diizinkan alias dilarang oleh kebijakan program AdSense.

Tips menjaga kesehatan situs dari user generated contents ini kami bagi dalam 2 tahap, yakni tahap pencegahan dan tahap pemantauan.

Tahap Pencegahan

Berikut ini beberapa rekomendasi dari kami yang berisi beberapa cara untuk mencegah iklan AdSense ditayangkan bersamaan dengan user generated contents yang tidak mematuhi kebijakan program AdSense :
  1. Publikasikan panduan konten dan kebijakan (aturan) yang jelas untuk pengunjung website atau blog anda, sehingga mereka bisa menyetujui dan mengikuti layanan atau konten yang disajikan di website anda.
  2. Jika anda memiliki website berbagi foto dan video yang mengizinkan pengunjung untuk mengupload konten dewasa atau konten yang tidak sesuai dengan kebijakan program AdSense, silahkan berikan mereka pemberitahuan (informasi) yang jelas kepada mereka, selain itu anda jangan menempatkan satupun unit iklan AdSense di halaman tersebut. Tindakan yang sama harus anda lakukan terhadap toko online yang menjual beragam produk dewasa atau menawarkan sesuatu yang berhubungan dengan orang dewasa.
  3. Mintalah pengunjung/pengguna website anda untuk menandai konten yang tidak sesuai (misalnya gambar atau video dewasa) sebagai sesuatu yang tidak aman untuk keluarga. Tindakan tersebut akan membantu anda mengevaluasi dan membuang konten yang tidak pantas untuk iklan AdSense. Anda juga bisa memasukan penyaringan kata kunci yang terkait konten dewasa, kekerasan dan obat-obatan terlarang (narkoba). Untuk melakukan penyaringan kata kunci, silahkan mencari informasi lebih lanjut dengan mengetikkan "keyword filtering" atau "content filtering" di situs pencarian Gogle.
  4. Implementasikan perlindungan terhadap spambot untuk kolom komentar, forum dan buku tamu. Jika anda membutuhkan info lebih lanjut, silahkan cari informasinya dengan mengetikkan kata kunci "spambot protection".


Tahap Pemantauan

Kami merekomendasikan anda untuk mengaplikasikan tips berikut ini terhadap halaman website yang menayangkan user generated content supaya tetap sesuai dan mematuhi kebijakan program AdSense :
  1. Atur dan tentukan sebuah cara supaya komunitas anda bisa melakukan monitoring secara mandiri terhadap komunitas itu sendiri. Misalnya dengan menyediakan tautan report inappropriate content supaya mereka bisa menandai konten yang selanjutnya harus anda tindak lanjuti.
  2. Lakukan review dan pemeriksaan terhadap halaman, video, foto dan konten lain yang memiliki pageview tinggi secara teratur dan pro aktif.
  3. Lakukan pemeriksaan yang fokus kepada keyword, pencarian konten atau yang mengarah kepada akun tertentu.
  4. Buat kebijakan editorial dan latihlah seseorang untuk menjadi moderator, kemudian tugaskan moderator tersebut untuk mengontrol berbagai komentar dan buku tamu.
Itulah informasi dari kami mengenai beberapa tips untuk menjaga website kita tetap steril dan aman dari user generated content, sehingga iklan AdSense tetap bisa tayang tanpa menyebabkan rasa khawatir yang berlebihan kepada anda sebagai penayang iklan sekaligus tetap bisa menghasilkan pendapatan untuk anda secara terus-menerus.

Akhir kata dari kami semoga artikel ini memberikan tambahan manfaat, informasi, wawasan dan pengetahuan untuk anda. Terima kasih atas atensi dan kunjungan anda, sampai jumpa di kesempatan yang akan datang dengan artikel bermanfaat lainnya.