3/14/2017

10 Cara Menulis Artikel Yang Baik Untuk Meningkatkan Peringkat Blog

Ibu Sartika
Setiap hari, jutaan blogger dengan ditemani secangkir kopi meluangkan waktu untuk membuat artikel yang baik dengan tujuan untuk meningkatkan pageview dan kunjungan ke blog serta website yang mereka kelola.

Dengan memanfaatkan pengalaman dan pengetahuan mengenai cara menulis atau membuat artikel yang baik dan benar, mereka terus berusaha memancing minat para pengguna internet dan pencari informasi. Selain itu juga mereka memanfaatkan kumpulan contoh membuat artikel dengan harapan bisa mewujudkan target atau tujuan.

Namun sayangnya dari sebagian koleksi contoh artikel yang menarik tersebut tidak semuanya membuahkan hasil. Sebab waktu yang terus beranjak akan membuat para penyedia informasi yang lain melakukan tindakan pengelolaan yang lebih baik ketika mempublikasikan artikel.

Susunan artikel dalam sebuah blog atau website juga memegang peranan penting, karena akan mampu memberikan pengaruh yang akan dirasakan langsung oleh para blogger ataupun para pengelola website.

Cara membuat artikel untuk blog atau website bisa dilakukan secara ilmiah maupun non ilmiah. Sebab informasi yang terkandung di dalam artikel yang dipublikasikan di website tidak mengharuskan pengelolanya untuk mempublikasikan sesuatu yang selalu sesuai dengan aturan ataupun norma menulis.

Namun sebagai pengelola blog, kita harus tetap mampu membuat kerangka artikel supaya tetap bisa dijadikan acuan menulis, sehingga diharapkan artikel tersebut bisa memberikan manfaat jangka panjang untuk pengunjung.

Dengan menggunakan sebuah contoh artikel sederhana, anda bisa belajar membuat artikel yang lebih kompleks, bermutu tinggi dan memiliki nilai jual untuk memperkuat kehadiran serta eksistensi blog yang anda kelola.

Jika anda adalah seorang penulis kolom, anda bisa memanfaatkan cara menulis artikel di koran, kemudian diaplikasikan ke dalam artikel yang anda tulis secara digital kemudian mempublikasikannya di website maupun blog.
10 Cara Menulis Artikel Yang Baik Untuk Meningkatkan Peringkat Blog
Sebagai bentuk ungkapan terima kasih kami, dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan anda sebuah kado istimewa yang kami beri tajuk 10 Cara Menulis Artikel Yang Baik Untuk Meningkatkan Pageview Blog Serta Website.

1. Buatlah Sebuah Umpan Ketika Mulai Menulis Artikel

Cara pertama ketika menulis sebuah artikel adalah anda harus bisa menyisipkan komponen tesis yang bersifat memancing pengunjung.

Dengan menyisipkan argumen terpusat di bagian awal artikel, maka anda akan mampu untuk meningkatkan kepenasaran para pengunjung untuk terus membaca artikel yang anda tulis.

Ingat bahwa konten yang shareable dan loveable itu ditandai dengan kemampuan anda untuk memancing emosi pengunjung, sehingga pada akhirnya mereka akan membagikan artikel tersebut.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk 'memancing' emosi pengunjung website supaya terus membaca dan membagikan artikel yang anda tulis :
  • Berikan inpirasi dan bata bijak. Para pengunjung akan merasa kehadiran mereka lebih terwakili jika mereka menemukan petuah yang berhubungan dengan diri mereka meskipun kata/petuah bijak tersebut bersifat umum.
  • Sajikan sebuah statistik. Menyajikan statistik terbukti akan memperkuat informasi yang ada di dalam sebuah artikel. Selain itu juga akan meningkatkan kepercayaan pengunjung terhadap informasi yang sedang mereka baca.
  • Tawarkan pertanyaan yang berhubungan dengan artikel yang anda tulis. Tahukah anda bahwa artikel yang baik itu seperti sekotak coklat ? Sebuah pertanyaan tentunya membutuhkan jawaban. Dan memberikan pertanyaan di awal artikel akan membuat para pengunjung akan terus membaca artikel untuk menemukan jawabannya.
  • Ceritakan sebuah cerita. Artikel yang baik harus mampu "bercerita". Cerita tersebut tidak harus bersifat pribadi, namun bisa terfokus kepada suatu grup, tetangga ataupun ekosistem lainnya.
Dengan memberikan sebuah umpan di awal artikel, anda bukan hanya akan meminimalisir kekalahan dalam persaingan di mesin pencari, namun juga akan meningkatkan peluang untuk memenangkan perhatian pengunjung.

2. Tulislah Artikel Disertai Dengan Tujuan Yang Jelas di Setiap Kalimat

Yang membuat sebuah artikel bisa bersaing di mesin pencari adalah aspek manfaat dari informasi yang ada di dalam artikel tersebut. Google dan pembuat mesin pencari lainnya semakin pintar, mereka akan mengedepankan artikel yang bermanfaat di halaman hasil pencarian.

Fokuslah mengedepankan aspek manfaat untuk pengunjung website anda. Dan usahakan supaya informasi didalamnya tetap relevan dengan judul serta harus bisa memenuhi kebutuhan pengunjung.

Artikel yang baik di dalam sebuah blog memang membutuhkan kemampuan menulis yang hebat. Dan untuk bisa menulis artikel yang hebat, anda harus bersikap sederhana, cerdas serta langsung ke tujuan (to the point).

Berikut ini adalah cara menulis artikel dengan menyertakan tujuan yang jelas di setiap kalimat :
  • Pastikan diri anda untuk mengemukakan tujuan yang jelas. Setiap kalimat dalam artikel yang anda tulis harus bisa membantu permasalahan atau kebutuhan para pengunjung. Sebab kalimat dalam artikel itu bisa membangun sekaligus memperkuat sebuah hubungan dengan mereka. Jika anda menemukan masih ada kalimat yang tidak bisa membantu para pengunjung, segera buang kalimat tersebut dari artikel yang bersangkutan.
  • Yakinkan bahwa topik artikel tidak keluar jalur. Daripada menawarkan berbagai tips yang tidak berhubungan dengan topik, akan lebih baik jika anda hanya fokus ke satu topik. Misalnya topik tentang cara menulis artikel yang baik untuk blog atau website.
  • Lihat kembali tujuan dari konten yang anda buat. Di poin pertama kami sudah membahas tentang umpan untuk memancing emosi pengunjung, kami menyebutnya sebagai proporsi nilai lebih. Seorang pengunjung blog yang notabene seorang pembaca akan terus melakukan scrolling karena anda menjanjikan sesuatu yang akan membantu permasalahan atau memenuhi kebutuhan mereka. Jika anda tidak memberikan apa yang sudah diumpankan, maka mereka akan berhenti membaca. Jadi sebagai pembuat konten, pastikan anda untuk selalu menepati janji anda.
Artikel yang disertai dengan tujuan yang jelas disertai dengan rasa simpati dan passion pada akhirnya akan membuat artikel tersebut memiliki kekuatan serta berpeluang menjadi artikel yang mendatangkan trafik secara konsisten.

3. Gunakan Kiasan Untuk Meninjau Mental Pengunjung Website

Tahukah anda bahwa menyisipkan kalimat berupa kiasan akan membuat artikel anda semakin diminati pengunjung ?

Tapi pastikan bahwa kiasan tersebut tidak terlalu berat, sehingga pengunjung tidak mengalami kebingungan.

Penggunaan kiasan terbukti akan membuat para pengunjung menganggukkan kepala karena mereka sedang memikirkan atau membenarkan apa yang terkandung dalam kalimat kiasan tersebut.

Pernahkah anda berbicara sendiri dalam hati ketika membaca informasi di sebuah blog atau website ? Jika ya, selamat, anda sudah memakan umpan pengelola blog tersebut.

Kalimat kiasan yang mengajarkan kebijaksanaan dan kehidupan akan membuat para pengunjung benar-benar terwakili. Sehingga mereka akan terus menikmati konten yang anda publikasikan.

4. Berikan Diri Anda Sedikit Otoritas

Anda memiliki ide tentang cara menulis artikel yang berpotensi meningkatkan pageview. Darimanakah anda mendapatkan ide tersebut? Jika anda merasa sangat yakin bahwa anda adalah pemilik ide tersebut, kenapa tidak memberikan diri anda otoritas untuk menulis artikel tersebut sesuai dengan kapabilitas anda sebagai pemilik otoritas?

Kenali dan pelajari diri anda terlebih dahulu, kemudian tambahkan sedikit pengetahuan ke dalam artikel dalam rangka meningkatkan konsistensi informasi. Dengan begitu anda akan mampu menyelesaikan menulis artikel bernilai tinggi yang benar-benar mencerminkan diri anda tanpa mengabaikan aspek manfaat dari artikel yang anda tulis.

Berikut ini beberapa tips menyisipkan otoritas supaya artikel yang anda tulis bisa tetap menyajikan informasi yang bermanfaat untuk pengunjung :
  • Sajikan contoh pengalaman yang spesifik. Ketika anda menulis artikel disertai dengan cerita atau pengalaman yang otentik serta mengacu dari artikel yang lain, maka saat itu anda akan menunjukkan kepada pengunjung mengenai sebuah pelajaran yang spesifik serta menarik.
  • Tambahkan beberapa statistik untuk memperkuat poin yang anda jelaskan. Statistik memang cenderung membosankan, tapi anda bisa mencari cara yang unik supaya statistik tersebut menjadi suplemen bernilai tinggi yang akan menjadi nilai tambah untuk artikel yang anda tulis.
Membubuhkan racikan otoritas ke dalam artikel akan membuat artikel yang anda tulis memiliki ciri yang spesifik dan lebih mudah di ingat pengunjung, sebab artikel seperti itu akan menonjolkan diri anda yang sebenarnya.

5. Gunakan Analogi dan Perumpamaan Untuk Membantu Pengunjung Lebih Mudah Memahami Subjek Yang Sulit

Membantu pengunjung memahami beberapa konsep tertentu yang anda jelaskan bisa menjadi sebuah hal yang sulit. Tapi anda bisa menggunakan analogi dan perumpamaan kedalam artikel yang anda tulis untuk membantu mereka lebih mudah memahami apa yang anda jelaskan.

Ingat bahwa tidak semua pengunjung website akan memahami komposisi kalimat yang anda tulis, hal itu disebabkan tidak semua dari mereka memiliki tingkat pemahaman yang sama terhadap sesuatu.

Jadilah penulis artikel yang baik dengan memberikan kemudahan dan kebaikan kepada pengunjung website anda.

6. Metafora Dalam Artikel Bisa Menjadi Sesuatu Yang Bermanfaat Untuk Memperjelas Maksud Artikel

Ketika anda merasa bahwa perumpamaan belum cukup untuk membantu memberikan kemudahan kepada pengunjung, maka manfaatkanlah metafora ke dalam artikel yang anda tulis, sehingga subjek artikel anda bisa dengan mudah di mengerti.

Menjadi penulis artikel itu jangan terlalu kaku serta jangan gampang menyerah. Komposisi metafora adalah bahan dasar yang semestinya bisa disisipkan oleh setiap penulis artikel, termasuk oleh anda sebagai seorang blogger.

Manfaat menggunakan metafora di dalam artikel yakni bisa membantu anda melakukan lebih banyak eksperimen tanpa harus benar-benar merusak reputasi artikel yang anda publikasikan.

Meskipun metafora tidak selalu bisa membantu anda membuat artikel yang benar-benar emejing, akan tetapi pengunjung akan memberikan anda nilai lebih ketika mereka bisa memahami informasi di dalam artikel secara lebih mudah saat anda menyajikan metafora di saat yang tepat.

7. Sebagai Penulis Artikel, Pastikan Untuk Selalu Percaya Diri

Menulis dan menyajikan artikel yang baik itu harus fokus, dan anda membutuhkan kepercayaan diri untuk mewujudkannya.

Ketika anda sudah mampu menyisipkan kepercayaan diri ke dalam artikel yang anda tulis, maka informasi dalam artikel tersebut akan benar-benar fokus, dan pada akhirnya akan membuat pengunjung tenggelam dalam tulisan anda karena menikmati tulisan tersebut.

Artikel yang disertai dengan kepercayaan diri bukan hanya berarti akan membuat artikel lebih relevan, namun juga akan membuat pengunjung terhindar dari frustasi. Dengan demikian mereka akan merasa punya cukup banyak alasan untuk terus menikmati konten yang anda sajikan dikarenakan emosi mereka terwakili oleh tulisan anda.

Sebagai penulis artikel, terkadang kita juga merasa kehilangan ide untuk menulis. Kondisi seperti ini akan menyebabkan dilema yang jika dibiarkan akan membuat blog kita mati secara perlahan. Tapi ketika anda bisa tetap menjaga kepercayaan diri dalam menulis, maka anda akan tetap semangat untuk membangkitkan niat untuk terus menyajikan informasi yang bermanfaat untuk pengunjung.

Ingat bahwa konten yang tersaji di website anda adalah aliran air segar yang akan meningkatkan peluang bagi blog anda untuk terus hidup dari waktu ke waktu.

Untuk menjaga dan meningkatkan kepercayaan diri sewaktu menulis, cobalah untuk memahami poin-poin berikut ini:
  • Dengarkan saran, ide dan umpan balik dari pengunjung. Merespon berbagai komentar di blog atau website pastinya akan terasa sulit jika komentar tersebut berjumlah ratusan, terutama jika para komentator tersebut terdiri dari berbagai kalangan profesi dan usia. Tetapi anda tetap harus meluangkan waktu untuk memberikan kesan positif kepada mereka.
  • Tetaplah memberikan kesan yang membangun secara konsisten. Ini adalah seni blogging yang sesungguhnya. Jangan hanya karena blog anda sepi komentar serta sepi kunjungan lantas membuat anda menyimpulkan bahwa tulisan anda tidak disukai serta memiliki sedikit sekali pengaruh untuk pengunjung. Anda harus tetap yakin bahwa respon negatif seperti itu adalah penyemangat supaya anda bisa menyajikan informasi yang lebih baik untuk para pengunjung blog atau website.
  • Jaga terus komitmen anda sebagai penulis. Ketika anda berkomitmen untuk menjadi penulis artikel yang ingin menyajikan beragam artikel bermutu tinggi, maka anda harus bisa menjaga komitmen tersebut secara konsisten. Pada awalnya anda mungkin akan merasa di bully oleh diri anda sendiri. Namun ketika anda 'berdiri' dan tetap rutin menyajikan artikel, maka anda akan mulai didengarkan dan dipertimbangkan oleh pengunjung.
Menulis artikel yang lebih baik bisa diartikan sebagai menunjukkan siapa diri anda sebenarnya. Tetaplah menjadi diri anda, maka blog anda akan berkembang sebagaimana anda yang terus tumbuh.

Berikan pengalaman membaca artikel yang lebih baik kepada pengunjung dari waktu ke waktu, maka pengunjung akan mulai menilai siapa anda, mereka juga akan mulai rutin mengunjungi website anda untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

8. Amati dan Ukur Kebiasaan Pengunjung

Selain pengalaman dan kemampuan menulis, sebuah blog yang berinteraksi langsung dengan pembaca harus bisa membuat pengunjung beranggapan bahwa mereka mendapatkan sesuatu yang relevan.

Gunakan bantuan Google Analytics untuk mengamati dan mengukur kebiasaan pengunjung. Lihat artikel mana saja yang mendapatkan kunjungan lebih banyak, kemudian buat artikel tambahan dengan mengacu kepada artikel yang banyak dibaca tersebut.

Kemampuan anda untuk mengamati dan mengukur kebiasaan pengunjung akan membantu mereka tetap dianggap ada, sehingga perasaan terwakili tersebut akan menimbulkan loyalitas serta kebutuhan jangka panjang.

9. Pastikan Anda Memiliki Kemampuan Menulis dan Menyajikan Artikel Yang Unik

Saat ini terdapat jutaan blog yang menerbitkan artikel setiap harinya, kondisi demikian tidak memungkinkan kita untuk melakukan review terhadap keseluruhan blog tersebut supaya bisa membuat artikel yang benar-benar unik 100%.

Jika anda mencari sebuah topik yang akan digunakan sebagai ide untuk menulis, maka anda pastinya mengetahui bahwa topik yang anda cari tersebut sudah digunakan oleh blogger lain.

Lalu bagaimana caranya agar anda tetap bisa menjadi blogger yang eksklusif dengan tetap menulis artikel serta informasi yang unik meskipun menulis topik yang sama dengan blogger yang lain ?

Jawabannya : tawarkan atau berikan pengalaman pribadi anda lalu libatkan pengunjung secara langsung ke dalam artikel sebagai salah satu bentuk penghargaan terhadap topik yang anda bahas.

Salah satu contohnya adalah menulis tentang cara menulis artikel itu merupakan sebuah perjalanan yang unik. Anda menemukan banyak sekali rintangan ketika membuat artikel tersebut. Selain itu anda juga mendapatkan banyak sekali pengalaman dan pembelajaran ketika menulis artikel bermutu tinggi tersebut.

Pengalaman yang anda tuangkan kedalam artikel tersebut akan mampu menghanyutkan perasaan pengunjung, sehingga pada akhirnya mereka akan larut dalam keadaan.

10. Pastikan Anda Memberikan Pilihan dan Kesempatan Untuk Membantu Pengunjung

Internet marketing dan artikel itu sangat berhubungan erat. Para pengunjung yang berkunjung ke website anda akan merasa lebih senang ketika mereka bisa menghubungi anda secara lebih mudah dan cepat.

Berikan pengunjung anda sebuah call to action berupa form langganan informasi melalui email atau layanan digital lainnya.

Berikut ini beberapa pilihan yang bisa anda aplikasikan di blog untuk membantu anda membuat artikel yang lebih baik supaya bisa meningkatkan pageview dan peringkat website anda :
  • Ajukan pertanyaan yang sulit kepada pengunjung website. Pertanyaan yang sulit yang banyak dicari oleh pengunjung merupakan sebuah opsi yang harus disertai dengan jawaban, tetapi jawaban tersebut harus bisa disajikan dalam bentuk pilihan lain dengan harapan mereka bisa berlangganan informasi ke website anda.
  • Beri tahu pengunjung untuk melakukan sesuatu. Salah satu contoh artikel yang baik adalah akan bisa mensugesti pengunjung untuk melakukan sesuatu dikarenakan mereka merasa terbantu dengan informasi yang di muat di dalam artikel yang mereka baca.
  • Pastikan bahwa pengunjung akan membagikan pengalaman mereka. Pengunjung yang merasa terbantu dengan artikel anda semestinya membagikan informasi tersebut ke orang lain, dan itu harus didukung oleh kemampuan anda untuk mensugesti mereka dengan kalimat yang mengajak tanpa mengandung unsur paksaan.
Itulah informasi dari kami mengenai cara membuat atau menulis artikel yang baik untuk meningkatkan peringkat blog atau website, meningkatkan peringkat di mesin pencari serta meningkatkan kehadiran brand website anda untuk jangka panjang.

Kami harap informasi ini bisa memberikan tambahan manfaat, informasi, wawasan dan pengalaman untuk kita semua. Akhir kata kami ucapkan terima kasih atas atensi dan kunjungan anda, sampai jumpa di kesempatan yang akan datang dengan informasi bermanfaat lainnya.