3/25/2017

Genjot Penghasilan AdSense Dengan Memanfaatkan Google Analytics

Ibu Sartika
Artikel ini kami tulis dengan tujuan untuk membantu rekan-rekan yang sedang mengalami kebingungan mengenai cara meningkatkan performa website dan akun AdSense.

Memang bukan sebuah perkara mudah menjaga kunjungan ke website kita, apalagi jika dihubungkan dengan kualitas serta pendapatan. Dan berikut ini adalah penjelasan dari kami mengenai cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga performa akun AdSense dan website yang kita kelola dengan memanfaatkan Google Analytics.

1. Tentukan Dimana Kita Harus Fokus

Content Groups merupakan sebuah awal bagi kita untuk mulai melakukan perbaikan, sehingga kita bisa menjaga kunjungan yang berkualitas ke website yang kita kelola.
Meningkatkan Performa Akun AdSense Dengan Memanfaatkan Google Analytics
Content Groups akan memberikan anda kesempatan untuk menggabungkan berbagai fitur yang selanjutnya kita gunakan untuk melakukan analisa yang lebih jelas.

Sebagai contoh, seorang pengelola website online akan lebih mudah melakukan analisa terhadap semua produk sepatu dalam sekali klik, analisa tersebut akan memberikan kemudahan dan kepraktisan ketika anda akan membuat konten yang berbeda berdasarkan jenis dan peruntukan sepatu, misalnya untuk anak-anak dan dewasa.

Dengan menganalisa produk tersebut menggunakan Google Analytics, maka anda bisa melihat perbandingan sekaligus mengambil keputusan berdasarkan pengukuran yang sangat jelas, silahkan simak gambar di bawah ini untuk membantu anda memahami pemaparan kami.
Image source : Google Blog
Dari screenshot di atas, anda bisa dengan mudah membuat konten dengan kategori berikut ini:
  • Mengelompokkan kategori berdasarkan topik (misalnya makanan, politik dan olahraga)
  • Menggunakan laporan halaman AdSense untuk melihat pengukuran
Sekali saja anda mempelajari laporan yang ada di dalam Google Analytics tersebut, maka anda bisa mengetahui konten apa yang akan memberikan CTR terbaik, kemudian anda bisa memutuskan untuk fokus membuat konten yang paling potensial untuk meningkatkan performa website dan performa akun AdSense.

2. Pahami Darimana Pengunjung Anda Berasal dan Ketahui Kemana Pengunjung Website Anda Beranjak

Laporan Landing Pages akan memperlihatkan kepada anda seberapa besar pengunjung website merasa "terikat" dengan konten yang anda sajikan. Selanjutnya anda bisa melakukan analisa di halaman-halaman tertentu secara individual atau mengelompokkan konten seperti yang kami sebutkan di poin pertama.

Dengan mengetahui darimana pengunjung anda berasal dan kemana mereka pergi, diharapkan anda dapat :
  • Mengetahui halaman yang memiliki bounce rate tinggi, kondisi seperti ini biasanya merupakan indikasi bahwa pengunjung website anda tidak merasa tertarik atau tidak menemukan informasi yang relevan dengan/di website anda.
  • Mencoba mengubah headline dari artikel anda atau menemukan serta menempatkan gambar yang lebih baik untuk meningkatkan minat pengunjung
  • Bisa melakukan analisa mengenai kecepatan pemuatan halaman yang memiliki bounce rate tinggi. Ingat bahwa pengunjung website akan meninggalkan website anda jika mereka terlalu lama menunggu ketika halaman di muat.

3. Mengetahui Siapa Pengunjung Website Anda

Data Demographic dan Interests yang disajikan di Google Analytics akan membantu anda untuk mengetahui usia dan jenis kelamin dari pengunjung website anda, semakin baik anda memahami ketertarikan mereka, maka anda bisa meningkatkan peluang bisnis online yang anda kelola.
Image source : Google Blog
Jika anda sudah mengetahui ketertarikan atau minat serta usia dan jenis kelamin pengunjung website, anda seharusnya mengetahui :
  • Cara membuat konten yang akan disukai oleh pengunjung yang mendominasi kunjungan ke website anda
  • Meminimalisir bounce rate
  • Memperkuat konten website anda dengan melihat berbagai aspek yang berhubungan dengan pengunjung, misalnya jika blog anda banyak dikunjungi oleh orang-orang yang menyukai teknologi, maka buatlah konten yang berhubungan dengan teknologi
Dengan demikian, maka lambat tapi pasti website anda akan mampu mempertahankan serta meningkatkan kunjungan, itu artinya anda juga akan mampu meningkatkan pendapatan dari Google AdSense.

Demikian pembahasan dari kami mengenai cara meningkatkan performa akun AdSense dan website secara mudah dan sederhana. Semoga artikel ini memberikan manfaat, informasi dan tambahan wawasan untuk anda.

Akhir kata kami ucapkan banyak terima kasih atas kunjungan dan atensi anda, sampai jumpa di kesempatan yang akan datang dengan artikel bermanfaat lainnya.