3/25/2017

Langkah Awal Mengoptimalkan Website Di Halaman Pencarian Google

Ibu Sartika
Sebagai pelengkap keikutsertaan anda dalam jaringan iklan Google AdSense, tentunya anda berharap untuk meningkatkan ranking website anda di halaman pencarian Google. Dalam artikel kali ini kami akan membeberkan beberapa poin penting yang bisa anda jadikan sebagai referensi untuk mengoptimalkan peringkat website anda dalam pencarian tersebut.

Pertama, anda perlu mengetahui bahwa tidak ada formula ajaib yang bisa membuat website anda berada di posisi tertinggi di halaman pertama hasil pencarian, sebab untuk mendapatkan kondisi seperti itu akan menuntut anda untuk melakukan kerja keras dan tindakan yang baik, terutama jika dihubungkan dengan tautan, desain, konten dan struktur website.

Sebagai permulaan, sebagai pengingat, pencarian organik Google dan AdSense itu merupakan dua hal yang terpisah. Menayangkan iklan AdSense di sebuah website tidak akan meningkatkan peringkat situs di halaman hasil pencarian. Intinya, website yang menampilkan iklan AdSense tidak mendapatkan perlakukan istimewa di dalam halaman pencarian Google.
cara meningkatkan peringkat website di halaman pencarian organik Google
Peringkat di halaman pencarian Google diukur berdasarkan berbagai algoritma yang berbeda, selain itu optimasi untuk pencarian itu membutuhkan waktu yang lama serta berkelanjutan.

Untuk alasan tersebut, dan juga karena disebabkan oleh berbagai teknik atau metode yang melanggar kebijakan pedoman Google, maka mereka (Google) merekomendasikan kita untuk menghindari teknik (metode) radikal apapun yang di klaim bisa meningkatkan peringkat website secara cepat dalam hasil pencarian.

Perlu diketahui juga bahwa Google senantiasa melakukan pemantauan terhadap kualitas berbagai backlink (link yang mengarah ke website anda secara langsung).

Untuk meningkatkan kepopuleran website anda, periksa terlebih dahulu apakah ada website lain yang membahas topik yang sama dengan menempatkan diri anda sebagai pengunjung terlebih dahulu, dan berhati-hatilah jika ada website lain yang membahas topik yang sama dengan topik yang menjadi andalan website yang anda kelola.

Berbagai link keluar juga sangat penting serta harus tetap mematuhi pedoman yang sudah ditentukan oleh Google.

Ketika anda membuat sebuah tautan keluar yang menuju ke website lain, tanya terlebih dahulu diri anda dengan pertanyaan "Apakah tautan ke website lain ini akan memberikan manfaat untuk pengunjung website anda?" atau "Apakah tautan ini akan menarik minat pengunjung untuk melakukan klik?".

Dan yang paling penting adalah jangan pernah ikut serta atau melakukan tindakan jual beli tautan dengan tujuan untuk mengatasi PageRank, sebab hal tersebut melanggar pedoman serta akan merusak website anda dalam halaman pencarian Google.

Di bawah ini kami sertakan beberapa tips untuk membuat struktur yang baik untuk website anda :
  • Halaman-halaman di website anda harus memiliki skema dan link internal yang relevan. Kami juga merekomendasikan anda membuat sebuah sitemap dan menggunakan Google Webmaster Tools. Dengan tool ini anda bisa mendapatkan informasi seperti sumber backlink dan query yang digunakan oleh pengunjung sehingga bisa sampai ke website anda.
  • Gunakan tag <title> secara eksplisit dan bermanfaat untuk pengguna. Sebagai contoh, hindari gunakan judul seperti "Homepage" atau "Selamat datang di website saya".
  • Khusus untuk gambar, gunakan atribut ALT untuk menggambar secara jelas mengenai gambar yang anda sertakan.
Selain beberapa poin di atas, jangan lupa untuk menambahkan konten yang original serta menarik minat pengunjung berdasarkan hal-hal yang anda minati atau anda pahami secara teratur. Tindakan ini akan memberikan nilai tambah untuk memperkuat berbagai tautan yang ada di website anda.

Terakhir, desain website anda dengan menuangkan ide dari pengunjung website anda. Jangan lupa untuk tetap bersadar dan konsisten dengan kerja keras anda. Sebab untuk mendapatkan backlink yang berkualitas dan mengembangkan strategi optimasi itu menuntut anda untuk tetap mempertahankan dan meningkatkan struktur website secara teratur disertai dengan mempublikasikan konten yang organik secara berkala.

Itulah pembahasan dari kami mengenai langkah awal yang baik untuk mengoptimalkan website anda di halaman hasil pencarian Google.

Kami berharap artikel ini bisa memberikan tambahan informasi, manfaat, wawasan dan pengetahuan untuk kita semua. Amin.

Akhir kata kami ucapkan terima kasih atas kunjungan dan atensi anda, sampai jumpa di kesempatan yang akan datang dengan artikel bermanfaat lainnya.