3/31/2017

Meningkatkan Trafik Blog Dengan Memanfaatkan Matched Content

Ibu Sartika
Matched Content adalah sebuah tool rekomendasi yang mengizinkan anda untuk mempromosikan konten relevan di website anda kepada para pengunjung.

Matched Content bisa membantu anda untuk "menangkap" perhatian dan loyalitas para pengunjung dengan menampilkan konten yang relevan, sehingga pageview website anda akan meningkat.

Berikut ini adalah beberapa tips dari kami untuk meningkatkan trafik website atau blog dengan memanfaatkan Matched Content.

Tempatkan Matched Content di Tempat Strategis Untuk Meningkatkan Viewability

Memaksimalkan Trafik Blog Dengan Memanfaatkan Matched Content
Berdasarkan informasi yang kami kutip dari Think With Google, disana tertera bahwa terdapat impresi sebanyak 56.1% yang tidak terlihat oleh para pengunjung website.

Jadi, sebelum anda menentukan tempat atau lokasi untuk menempatkan unit Matched Content, pikirkan terlebih dahulu mengenai spot mana saja yang akan meningkatkan viewability dan keterikatan.

Untuk meningkatkan metrik tersebut, Google merekomendasikan menempatkan unit Matched Content tepat di bagian atas artikel atau di bagian bawah unit iklan AdSense. Dengan cara ini, maka para pembaca artikel bisa dengan mudah memilih dan mengklik info yang disajikan dalam Matched Content.

Menempatkan Matched Content di area yang kami sebutkan di atas bisa meningkatkan persentase CTR (Click Through Rates) yang lebih tinggi daripada lokasi penempatan yang lain.
Memaksimalkan Trafik Blog Dengan Memanfaatkan Matched Content
Image source : Google AdSense Inside Official Blog

Sementara unit Matched Content membantu para pengunjung website anda menikmati konten yang identik, anda juga harus berpikir untuk menempatkan unit tersebut di posisi lain dimana para pengunjung akan merasa "lebih terikat" dengan konten yang disajikan.

Lacak Performa Matched Content

Untuk menentukan lokasi penempatan yang efektif untuk website anda, pastikan untuk melakukan pelacakan performa dari unit Matched Content.

Memahami performa Matched Content merupakan kunci utama untuk memaksimalkan pendapatan iklan AdSense serta meningkatkan kepuasan pengunjung.

Dalam tab laporan Performance di dashboard akun AdSense, anda akan melihat dua metrik yang berhubungan dengan Matched Content, yakni Overview metric family dan Matched content metric family. Berikut ini adalah penjelasan dari 2 metrik tersebut :

1. Overview Metric Familiy

Dengan memilih Overview metric family, maka anda bisa memahami berapa banyak penghasilan yang anda dapatkan dari unit Matched Content sekaligus memahami bagaimana unit ini perbandingan dengan unit iklan yang lain. Anda bisa melakukan review terhadap metrik lain seperti impresi, klik dan pendapatan tertaksir.

2. Matched Content Metric Family

Untuk mendapatkan informasi lebih detail mengenai performa dan rekomendasi iklan, gunakan metrik ini supaya anda bisa melihat beberapa aspek seperti impresi total, impresi iklan, klik iklan, Revenue Per Thousands Impressions (RPM) dan rekomendasi klik.

Metrik ini memberikan informasi yang lebih spesifik, dan anda seharusnya bisa memanfaatkan fitur ini untuk melakukan optimasi terhadap unit iklan itu sendiri.

Dengan mengoptimasi unit Matched Content, anda akan memberikan kesempatan kepada para pengunjung website untuk mengetahui apa sebenarnya topik website anda. Selain itu juga unit ini akan meningkatkan rasa ketertarikan dengan potensi keterikatan pengunjung, dan tentunya akan meningkatkan pendapatan iklan.

Itulah pembahasan dari kami mengenai cara memaksimalkan trafik blog dan website dengan cara memanfaatkan fitur Matched Content. Kami berharap anda bisa mendapatkan tambahan manfaat, informasi dan wawasan yang lebih baik dari artikel yang kami bagikan kali ini.