5/04/2017

Manfaat Google Analytics Untuk Meningkatkan Trafik Blog

Ibu Sartika
Setiap blogger pastinya memiliki keinginan blog yang dikelolanya ramai dikunjungi pengunjung, namun sayangnya untuk mencapai tujuan tersebut membutuhkan waktu dan kesabaran yang tidak sedikit.

Lalu bagaimanakah caranya meningkatkan trafik blog tanpa khawatir terkena penalti dari Google atau provider mesin pencari lainnya? Mari simak penjelasannya di bawah ini :
Cara Meningkatkan Trafik Blog

1. Isi Blog Dengan Konten Yang Bermanfaat

Terlepas dari jenis konten yang ada di blog anda, tetap ingat bahwa tugas anda sebagai seorang webmaster adalah mengelola blog serta mengisinya dengan konten yang bermanfaat untuk pengunjung.

2. Update Blog Anda Secara Rutin

Rutin mengisi blog dengan konten yang bermanfaat akan menciptakan loyalitas atas kesetiaan dari pengunjung, baik itu visitor lama maupun visitor baru.

Pondasi utama bagi anda yang ingin rutin mengupdate blog dengan fresh contents adalah harus berusaha untuk mendapatkan ide baru yang masih berhubungan dengan niche blog yang anda kelola.

3. Abaikan Mesin Pencari, Utamakan Pengunjung

Jika anda menginginkan blog anda ramai dikunjungi dari waktu ke waktu, maka sediakanlah beragam konten yang bermanfaat untuk para pengunjung, bukan untuk mesin pencari.

Memprioritaskan pengunjung akan membuat mesin perayap memprioritaskan blog anda di halaman hasil pencarian.

4. Kenali Sumber Penghasilan Utama Provider Mesin Pencari Anda

Saat ini pencarian kueri "cara meningkatkan trafik blog" lebih didominasi oleh rekan-rekan blogger yang condong berkiblat ke Google sebagai salah satu pembuat mesin pencari paling populer.

Jika memang demikian, maka seharusnya anda mengenal sumber penghasilan utama Google.

Google adalah sebuah perusahaan yang penghasilan utamanya dari periklanan. Mereka bekerjasama dengan para blogger dalam layanan iklan bernama AdSense.

Ketika menampilkan daftar situs di halaman hasil pencarian, Google menggunakan algoritma yang rumit. Mereka hanya akan benar-benar menampilkan blog atau situs yang benar-benar relevan dengan kueri yang diketik oleh pengguna mesin pencari Google.

Kenapa Google hanya menayangkan blog atau website yang paling relevan? Sebab Google tidak ingin hasil pencarian tersebut mengecewakan pengunjungnya, itu berarti mereka berpotensi kehilangan pendapatan saat pengunjung mengunjungi blog yang tidak menyediakan informasi relevan.

Dengan mengetahui sumber penghasilan tersebut, anda sebagai blogger dituntut untuk menyajikan informasi yang bermanfaat untuk pengunjung anda sehingga Google dan pengunjung sama-sama mendapatkan keuntungan.

5. Hargai Pengunjung Yang Datang ke Blog

Pengunjung berupa manusia yang datang ke blog anda harus tetap dihargai. Jangan menipu atau menyediakan informasi yang tidak bermanfaat untuk mereka. Karena sekali saja anda melakukan hal tersebut, maka reputasi blog atau website anda sudah dipertaruhkan.