7/09/2017

Cara Bikin Subdomain Tanpa Akses CPanel 5 Menit Langsung Aktif

Ibu Sartika
Sebagai seorang pemilik sekaligus pengelola website, kita tentunya seringkali memiliki keinginan untuk memiliki domain. Keinginan tersebut sebenarnya sangat wajar, namun kami tidak menyarankan anda membuat subdomain jika pembuatan tersebut hanya didasari oleh rasa kepenasaran semata.

Jika anda memang tidak bisa mengendalikan rasa kepenasaran terhadap pembuatan subdomain, kami sarankan anda membuat subdomain tersebut pada domain aktif yang sifatnya gratisan, kenapa? Sebab pembuatan subdomain akan mempengaruhi root domain itu sendiri. Jika anda tidak memahami efek dari dibuatnya subdomain, maka jangan pernah coba-coba untuk membuatnya.

Akan tetapi kami menyarankan anda untuk membuat subdomain dengan pertimbangan berikut ini :
  • Untuk mengklasifikasikan tema konten dengan root domain
  • Untuk memudahkan proses perawatan website, terutama konten
  • Untuk membantu pengunjung supaya lebih mudah menikmati informasi; dan
  • Untuk mengirit pengeluaran jika dibandingkan dengan membeli domain baru
Jika melihat kebiasaan para pemilik dan pengelola website di Indonesia, terutama -maaf- yang masih pemula, mereka biasanya membuat subdomain dengan mengakses CPanel yang disediakan oleh pihak penyedia hosting atau domain.
Cara Bikin Subdomain Tanpa Akses CPanel
Sebenarnya bukan sebuah tindakan yang salah jika anda membuat subdomain dengan mengakses CPanel tersebut, akan tetapi efektifitas dan fleksibilitasnya menjadi menurun, sehingga akan banyak waktu yang terbuang. Karena anda akan membutuhkan waktu lumayan lama (mulai dari 15 ~ 24 jam) sebelum subdomain bisa diakses oleh pengunjung website. Lalu apakah ada cara lain untuk membuat subdomain tanpa mengakses CPanel sekaligus bisa aktif dalam waktu kurang lebih 5 menit ? Jawabannya "ADA".

Berikut ini adalah cara membuat subdomain secara cepat dan bisa langsung online serta bisa diakses oleh pengunjung dalam waktu cepat.

Note : Tips ini berlaku untuk pengguna Blogger maupun self hosting yang menggunakan CMS seperti Drupal, Wordpress dan lain-lain.

Persyaratan :
  1. Memiliki akun di CloudFlare,
  2. Memiliki root domain
  3. Root domain sudah aktif menggunakan DNS yang diberikan oleh CloudFlare
Langkah membuat subdomain di Cloudflare :
Cara Bikin Subdomain Tanpa Akses CPanel 5 Menit Langsung Aktif
  • Pilih tombol/menu pengaturan DNS untuk root domain yang sudah aktif (lihat gambar di atas)
Cara Bikin Subdomain Tanpa Akses CPanel 5 Menit Langsung Aktif
  • Ubah jenis record (kolom A) menjadi CNAME, ketikkan subdomain yang anda inginkan (kolom Name) dan masukkan root domain tanpa http atau www pada Domain Name (kolom Value), lalu klik tombol Add Record. Lihat contoh yang ada di gambar ke-2.
  • Kembali ke Blogger, kemudian simpan perubahan untuk alamat subdomain (lihat gambar di bawah).
Cara Bikin Subdomain Tanpa Akses CPanel 5 Menit Langsung Aktif
  • Selamat, subdomain bisa langsung digunakan dalam waktu kurang lebih 5 menit.
Sekian tips mudah dari kami mengenai cara membuat subdomain yang bisa diakses dalam waktu 5 menit tanpa harus mengakses cpanel. Kami ingatkan bahwa dalam beberapa kasus mungkin saja subdomain akan aktif lebih dari 5 menit, kondisi tersebut biasanya disebabkan oleh lambatnya koneksi internet yang anda gunakan atau pihak CloudFlare sedang melakukan maintenance.

Terima kasih sudah berkunjung, semoga informasi dalam artikel ini memberi manfaat untuk anda.