7/06/2017

Cara Mengatasi Iklan AdSense Responsive Yang Tidak Muncul

Ibu Sartika
Dalam rangka mengantisipasi meningkatnya jumlah pengguna yang mengakses internet melalui smartphone, Google memperkenalkan sebuah format unit iklan AdSense baru, yakni iklan responsive.

Berdasarkan pengamatan dan pengalaman pribadi, kami melihat bahwa unit iklan ini benar-benar sangat potensial, baik dalam aspek flexibility-nya maupun aspek financial yang bisa dihasilkan.

Iklan AdSense yang responsive memang memiliki banyak kelebihan, yakni ukurannya yang akan menyesuaikan dengan lebar dan tinggi perangkat yang digunakan. Misalnya jika seorang pengunjung mengakses website menggunakan smartphone dengan dimensi layar berukuran 320 x 640 pixel, maka unit iklan AdSense secara otomatis akan menghitung serta menentukan ukuran iklan yang tepat sesuai dengan smartphone tersebut.

Tapi ada beberapa kasus dimana iklan responsive hanya menampilkan area kosong, dan ini seringkali membuat sebagian besar orang kebingungan. Tidak usah khawatir, berikut ini adalah cara mudah untuk mengatasi permasalahan tersebut.
Cara Mengatasi Iklan AdSense Responsive Yang Tidak Muncul
Tips ini bisa digunakan oleh anda yang ingin iklan responsive selalu menampilkan iklan. Tips ini tidak membutuhkan pengetahuan pemrogramman apapun, yang dibutuhkan hanyalah ketelitian dalam membaca langkah-langkah di bawah ini.

Perlu di ingat bahwa tips ini akan melakukan sedikit perubahan pada kode iklan AdSense, tapi perubahan ini tidak melanggar kebijakan program Google AdSense, sebab tertera dan dianjurkan secara resmi di website AdSense.

1. Buatlah sebuah unit iklan responsive atau gunakan yang sudah ada, kemudian lakukan sedikit pengubahan style (lihat tulisan yang kami tandai dengan warna orange). Jika sudah, silahkan tempel di area dimana iklan akan/ingin ditampilkan. Contoh :
<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
<ins class="adsbygoogle"
     style="display:block;min-height:10px;max-height:100px"
     data-ad-client="ca-pub-1234567891011121314"
     data-ad-slot="12345678910"
     data-ad-format="auto"></ins>
<script>
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
</script>

2. Modifikasi yang kami tandai di atas akan membantu unit iklan untuk mengetahui sekaligus menentukan ukuran iklan yang ditampilkan. Sebab iklan AdSense jenis responsive seringkali gagal menentukan ukuran iklan ketika dihadapkan pada template yang tidak menentukan ukuran wrapper iklan secara eksak.

Demikian tips mengenai cara mengatasi iklan AdSense resposive yang blank, terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.